News  

Tanggal 17 Agustus 2022 Hari Apa? Siap-siap Liburan Sebentar Lagi!

Tanggal 17 Agustus 2022 Hari Apa? Siap-siap Liburan Sebentar Lagi!

Tanggal 17 Agustus 2022 Hari Apa? Siap-siap Liburan Sebentar Lagi!

Suara.com – Tanggal 17 Agustus menjadi hari bersejarah bagi Indonesia. Selain itu, tanggal ini juga dinantikan oleh para pekerja karena masuk dalam daftar tanggal merah. Memangnya tanggal 17 Agustus 2022 hari apa, sih?

Pada tanggal ini, seluruh masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di hari penting ini, seluruh masyarakat dibawa untuk mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan dan memaknai peristiwa paling penting dalam sejarah bangsa.

Awal mula proklamasi kemerdekaan dimulai dari berita dijatuhkannya Bom tepat di 2 Kota yaitu Nagasaki pada tanggal 6 Agustus 1945 serta Hiroshima pada 9 Agustus 1945 oleh Amerika Serikat. Kedua peristiwa tersebut yang membuat Jepang menyerah kepada Amerika beserta sekutunya.

Setelah itu, BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang menegaskan bahwa keinginan Indonesia mencapai kemerdekaannya.

Baca Juga:
40 Twibbon HUT RI ke 77 dengan Desain Terbaru, Pas Banget Dipasang di Medsos!

Singkat cerita, tepat di hari Jumat, 17 Agustus 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibaca oleh Ir Soekarno yang pada kemudian hari menjadi Presiden Dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden Indonesia yang pertama.

17 Agustus 2022 Hari Apa?

Merujuk pada SKB 3 Menteri, tanggal 17 Agustus ditetapkan sebagai hari libur nasional. Itu artinya, pada tanggal tersebut seluruh aktivitas sekolah maupun kerja diliburkan.

Untuk tahun ini, 17 Agustus 2022 jatuh pada hari Rabu. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tepat di tanggal ini akan digelar upacara HUT Kemerdekaan RI.

Tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77 tertuang di dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Baca Juga:
Download Desain Logo HUT RI ke-77 Lengkap untuk Spanduk hingga Poster, Ini Linknya!

Arti Logo HUT RI ke 77

Dalam karakter visual yang resmi dipublikasikan, terselip sebuah filosofi yang sangat bermakna dalam peringatan HUT RI ke77. Berikut ini merupakan makna filosofis yang terkandung dalam Logo HUT RI ke 77:

1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan)

Bentuk angka 77 digambarkan menyerupai dengan dua panah ke atas yang melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi dan situasi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan)

Dua garis mendatar yang membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan dari progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan)

Bagian atas terpotong melambangkan sikap keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara lebih bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, merupakan logo yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat serta tangguh.

5. Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan)

Dua garis melengkung ini melambangkan sinergi pemerintah dan juga masyarakat dalam bergotong royong serta bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah tujuan, yakni menuju Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung (Penghubung antar Bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peranan Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk turut berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang sedang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika yang digunakan sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Itulah penjelasan mengenai tanggal 17 Agustus 2022 hari apa. Sudah siap menyambut hari bersejarah Indonesia?


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!