News  

Niat, Tata Cara, Hukum dan Manfaatnya

Niat, Tata Cara, Hukum dan Manfaatnya

Niat, Tata Cara, Hukum dan Manfaatnya

Suara.com – Sholat dhuha menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh setiap umat Islam. Agar amalan ini semakin sempurna umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha. Untuk itu, simak bacaan doa sholat dhuha tulisan latin lengkap berikut ini.

Tidak hanya memahami doa sholat dhuha dengan benar. Umat Islam juga perlu mengetahui bacaan niat sholat dhuha, tata cara, hukum serta manfaatnya. Sholat dhuha sendiri didirikan dalam jumlah dua rakaat dan satu salam.

Selain itu, sholat dhuha juga boleh dilakukan sebanyak empat, enam, atau delapan rakaat. Waktu pelaksanaanya dimulai antara terbitnya matahari hingga menjelang dzuhur. Setelah mendirikan sholat dhuha, umat muslim dianjurkan memanjatkan doa yang betkaitan dengan keinginan dan harapan. 

Doa Sholat Dhuha Tulisan Latin 

Baca Juga:
Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Latin Beserta Artinya

Dikutip dari laman NU Online berikut ini bacaan doa sholat dhuha latin lengkap dengan artinya:

Allaahumma innad dhuhaa’a dhuhaa’uka, wal bahaa’a bahaa’uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. 

Allaahuma in kaana rizqii fis samaa’i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkaana mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa thahhirhu, wa inkaana ba‘iidan fa qarribhu, bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika. aatinii maa atayta ‘ibaadakas shaalihiin.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.”

“Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.” 

Baca Juga:
Kapan Waktu yang Tepat Sholat Dhuha? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

Setelah selesai membaca doa di atas, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini: 

  • Allaahumma bika ushaawilu, wa bika uhaawilu, wa bika uqaatilu.
    Artinya, “Dengan-Mu, aku menerjang. Dengan-Mu, aku berupaya. Dengan-Mu, aku berjuang.” 

Sebagai penutup, umat Islam dianjurkan juga untuk menutup shalat Dhuha dengan bacaan doa berikut ini sebanyak 40 atau 100 kali jika memungkinkan: 

  • Rabbighfir lii, warhamnii, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwaabur rahiim.
    Artinya, “Tuhanku, ampunilah aku. Kasihanilah daku. Terimalah tobatku. Sungguh, Kau maha penerima tobat dan maha penyayang.” 

Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat 

Ushalli Sunnatal Dhuha Rak’ataini Lillaahi Ta’alaa 

Artinya: “Aku niat sholat sunah Dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.” 

Tata Cara Sholat Dhuha 

Pada umumnya tata cara sholat dhuha sama seperti sholat sunnah lainnya, yang membedakannya hanya bacaan niat dan doa setelahnya. Berikut ini tata cara sholat dhuha:

1. Membaca niat sholat dhuha terlebih dahulu 

2. Membaca doa iftitah 

3. Membaca doa Al – Fatihah 

4. Membaca salah satu surat dalam Al-Quran (disunnahkan membaca Surat As-Syams dan Al Lail di rakaat kedua) 

5. Ruku’ dan membaca doanya 

6. I’tidal dan membaca doanya 

7. Sujud pertama dan membaca doanya 

8. Doa di antara dua sujud dan membaca doanya 

9. Kerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama 

10. Tasyahud akhir 

11. Salam 

Hukum Sholat Dhuha 

Ulama 4 mahzab sepakat bahwa sholat dhuha memiliki hukum sunnah. Salah satu dalilnya yaitu sebuah hadits dari Abu Dzar radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

“Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua rakaat” (HR. Muslim no. 720). 

Manfaat Sholat Dhuha 

Berikut ini beberapa manfaat mendirikan sholat dhuha: 

1. Menjadi Amal Sedekah Paling Mudah 

Sholat dhuha menjadi amalan sedekah pagi yang paling mudah. Sedekah ini berbeda dengan sedekah yang harus mengeluarkan sebagian harta, karena cukup mengerjakan sholat minimal dua rakaat. Hal ini sesuai dengan hadits yang artinya: 

“Mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim dari Abu Dzar). 

2. Mendapat Rezeki yang Berlimpah 

Dengan rutin mengerjakan sholat dhuha setiap pagi, maka Allah akan melimpahkan rezeki kita. 

3. Mendapat Hadia Emas dan Istana di Surga 

Manfaat sholat dhuha yang selanjutnya bagi umat muslim yaitu akan mendapat hadiah berupa emas dan istana di surga. Hal ini sesuai dengan hadits yang artinya: 

Barang siapa sholat dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

4. Ampunan dari Dosa 

Sholat dhuha menjadi jembatan untuk memohon ampunan dari segala dosa yang kita perbuat kapada Allah SWT. Sehingga umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan sholat dhuha setiap hari agar mendapat ampunan. 

Demikian tadi ulasan mengenai bacaan doa sholat dhuha tulisan latin lengkap dengan niat, tata cara, hukum serta manfaatnya. Semoga menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!