News  

10 Contoh Soal ANBK Kelas 11 dan Jawabannya, Bagian Literasi

10 Contoh Soal ANBK Kelas 11 dan Jawabannya, Bagian Literasi

10 Contoh Soal ANBK Kelas 11 dan Jawabannya, Bagian Literasi

Suara.com – Sebagaimana diketahui, saat ini pemerintah telah memutuskan untuk mengganti Ujian Nasional dengan sistem Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Adapun pelaksanaan ANBK akan segera dilakukan pada siswa kelas 11 SMA/MA/SMK atau sederajat. Untuk dapat melaksanakan dengan lancar, simak contoh soal ANBK kleas 11 dan jawabannya berikut. 

Contoh soal ANBK 2022 yang diberikan artikel ini bersumber dari pusmenjar.kemdikbud.go.id sebagai acuan latihan untuk para siswa. Soal dan juga jawaban ANBK kelas 11 SMA/MA/SMK tersebut hanyalah simulasi atau tidak bersifat mutlak. 

Adapun ANBK ini akan dilaksanakan pada 29 Agustus sampai 1 September 2022 di jenjang SMA, MA, SMK, MAK, SMALB, dan juga Paket C. Soal ANBK SMA 2022 dalam instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terbagi atas soal Literasi Membaca dan juga Literasi Matematika (Numerasi). 

Meskipun ANBK 2022 dijadikan sebagai pengganti UNBK (Ujian Nasional Berstandar Komputer), akan tetapi hasil akhirnya tidak dijadikan standar kelulusan siswa. ANBK hanyalah sebagai program pemerintah dalam penilaian pembelajaran siswa pada suatu sekolah saja. 

Baca Juga:
Jadwal ANBK 2022 SD hingga SMA Lengkap, Kapan Gladi Bersihnya?

Contoh Soal ANBK Kelas 11 dan Jawabannya 

1. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM. Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak. 

Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris.

Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar. Walaupun demikian, keberhasilan menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan berinovasi. 

Setelah mencermati infografik dan teks tersebut, kalian mendapatkan pemahaman bahwa UMKM perlu dilindungi dan didukung oleh pemerintah dengan alasan berikut.

Baca Juga:
Materi ANBK 2022 SMA, Pelajari Dahulu Sebelum Ikut Asesmen Nasional

A. UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat banyak. 

B. Untuk merintis UMKM diperlukan modal yang besar. 

C. Bisnis UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia.  

D. Pelaku UMKM harus memiliki keterampilan profesional. 

Jawaban: B 

2. UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah usaha karena… 

A. Pengembangan UMKM sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia 

B. Kemampuan yang baik dapat diperoleh oleh pelatihan-pelatihan yang disediakan pemerintah 

C. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia adalah hal yang perlu diprioritaskan 

D. Diperlukan keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang 

Jawaban: D 

3. Ramin nyaris menjerit, tangannya tertumbuk dahan hanyut saat buru-buru sembunyi di dalam pelukan akar, untung ia segera melihat dahan itu. Hampir ia mengira dahan itu adalah mulut buaya yang siap menelan lengannya. 

Teringat lagi ia pada Aco, sejak semusim lalu ia ikut Dadan karena hasil cengkehnya tak bagus, sementara tengkulaknya minta selalu dibayar. Aco tertangkap petugas saat adu mulut di warung nasi lemak lantaran ia mengumpat pada preman yang menutupi jalan. 

Hari itu memang perpaduan nasib sial jatuh di hadapan Aco. Umpatannya didengar preman, adu mulut terjadi, dan petugas sedang lewat. Apes. Aco lalu dibawa petugas, digiring bagai ternak ke tengah lapangan, dipukuli dengan bengis saat mencoba kabur, ditanyai macam-macam, didenda hingga ia tak sanggup bayar, diambil hasil kerjanya satu musim, dideportasi, pulang ke rumah dengan tangan hampa, ditunggu tengkulak pula. Bah! Hilang sudah satu kebun cengkeh dirundung sial. 

Gara-gara Aco juga, petugas kini memburu Ramin dan Dadan. Ternyata Dadan memang sudah dicari-cari petugas karena beberapa kali memasukkan tenaga kerja tanpa izin. Ramin memang tak berpikir panjang saat berangkat kerja dengan Dadan, yang penting ia bisa membawa pulang uang untuk menikahkan anaknya, buat pengobatan sakit gula ayahnya, dan sisanya bisa ia belikan mesin cuci yang saban hari diminta istrinya. 

Ramin tak mau nasib nahas Aco terjadi pada dirinya. Wajah sumringah anak gadisnya sudah terbayang girang menyambutnya dengan ransel penuh uang. 

Bunyi langkah mendekat, pelan, Ramin membeku, sekuat-kuatnya menahan napas. Baginya lebih baik tak bernapas daripada tertangkap petugas-petugas berwajah garang itu. Bisik-bisik makin kencang. Ramin memutar otak. Kalau mereka melihat rumput-rumput rebah itu, atau kalau ada satu dua orang cukup jitu tebakannya, mungkin mereka bisa yakin kalau pelarian yang mereka kejar bersembunyi di antara akar pohon. 

Pada paragraf terakhir, apa perasaan yang digambarkan oleh penulis tentang tokoh Ramin? Jawaban bisa lebih dari satu.

A. Ketakutan 

B. Ragu-ragu 

C. Khawatir 

D. Marah 

Jawaban:  A 

4. Tek seperti nomor 3, dari konteks cerita tersebut, kejadian apa yang paling minimal harus ditambahkan penulis untuk melengkapi cerita tersebut?

A. Pengenalan situasi cerita 

B. Penyelesaian konflik 

C. Peningkatan masalah 

D.Munculnya konflik 

Jawaban: B 

5. Apa yang menyebabkan Ramin dan Dadan juga diburu petugas? 

Jawaban: Karena aco tertangkap petugas 

6. Berdasarkan teks di atas, bagaimana karakter Ramin? Tuliskan satu bukti dari wacana untuk mendukung jawabanmu! 

Jawaban: Ramin adalah orang yang bertanggung jawab terhadap keluarga, tetapi cara yang ia lakukan salah 

7. Dalam konteks cerita tersebut, apa yang dimaksud dengan kalimat Ramin membeku? 

Jawaban: Ramin tidak bergerak sama sekali 

8. Lilin Kecil dalam Sinar Kegelapan 

Seperti lilin kecil ini, kau mampu terangi gelapkuSinarmu memang tak banyak, tapi itu sangat berartiTatkala malam datang membawa kegelapan,Hadirmu bagai sang malaikat dengan cahaya-cahaya penuh kasihMenepis lara, mendamaikan hati, dan menyejukkan cintaNalarku membahana lagi setiap kali mengartikanmuLangkahmu laksana embusan angin datang dan pergiMeruntuhkan daun cemara yang hidup damai di tangkainyaPerlahan sinarmu redupDan pergi meninggalkanku dalam gelapDengan mata, tapi tak kuasa melihatmuSepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmuKini rinduku berujung pada bias-bias bayangmuDengan senyuman dan sedikit tawa menambah lukaSeribu sinar pun takkan mampu menggantikanmuSejuta kenanganmu kini menyiksa kesendiriankuDalam gelap, kucoba melangkah sendiriLilin kecilku,Kurindu akan sinar kedamaianmu 

(Yayan Hidayat, Banjarmasin, 03 02 2011) 

Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?

A. Sinar lilin itu tidak banyak. 

B. Lilin itu membawa harapan. 

C. Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara. 

D. Langkah lilin itu laksana embusan angin. 

E. Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan. 

Jawaban: E 

9. Puisi merupakan karya sastra yang dapat menggambarkan perasaan penulisnya. Manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan perasaan penulis dalam puisi tersebut? 

A. Kesedihan karena kehilangan orang tersayang. 

B. Kegelisahan karena lilin kecil hampir redup. 

C. Kerinduan terhadap kenangan yang indah. 

D. Ketidakmampuan melangkah dalam gelap. 

E. Kesendirian yang menyiksa jiwa dan raga. 

Jawaban: C 

10. Kalimat atau baris-baris di dalam puisi dapat meninggalkan pengalaman indrawi bagi pembacanya. Pengalaman indrawi ini disebut dengan imaji. Tentukan imaji yang ditimbulkan melalui baris-baris puisi berikut ini!  

• Jawaban: Kebahagiaan (Menepis lara, mendamaikan hati, dan menyejukkan cinta) 

• Kehilangan (Dan pergi meninggalkanku dalam gelap) 

• Kerinduan (Sejuta kenanganmu kini menyiksa kesendirianku) 

• Keberanian (Dalam gelap, kucoba melangkah sendiri) 

Nah itu tadi 10 contoh soal ANBK kelas 11 dan jawabannya yang bersumber dari situs pusmenjar.kemdikbud.go.id. Sebagi pengingat, contoh soal di atas hanyalah simulasi sehingga tidak bersifat mutlak.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!