Travel  

Wisata ke Tempat Raja Charles III Dilantik di Inggris, Harus Nyeker

Wisata ke Tempat Raja Charles III Dilantik di Inggris, Harus Nyeker

korannews.com – Penobatan Raja Charles III akan digelar pada bulan Mei 2023, tepatnya Sabtu (6/5/2023), di gereja Westminster Abbey di London, Inggris. Penobatan ini dilakukan usai mangkatnya Ratu Elizabeth II pada September 2022 lalu.

Setelah pelantikan, wisatawan yang mengikuti tur berpemandu di gereja tersebut akan diizinkan berdiri di titik di mana Raja Charles III dimahkotai.

Namun, mereka harus melepas alas kaki alias nyeker guna melindungi lantai mosaik abad pertengahan di bangunan tersebut.

“Berdiri di titik tersebut dan merasakan kekaguman karena berada di bagian tengah gereja merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan,” tutur Head of Visitor Experience Westminster Abbey, Scott Craddock, dikutip dari apnews.com, Sabtu (25/3/2023).

Adapun dilansir dari laman resminya, tur tersebut merupakan kali pertama pengunjung diizinkan untuk menginjakkan kaki di lantai Cosmati (Cosmati pavement).

Berusia lebih dari tujuh abad

Cosmati pavement adalah lantai mosaik dari marmer, batu, kaca, dan logam di depan High Altar. Pembuatannya atas perintah Raja Henry III dan rampung pada tahun 1268.

Tidak hanya itu, lantai yang berusia lebih dari 700 tahun ini merupakan lokasi diletakkannya Kursi Penobatan (Coronation Chair) saat pelantikan Raja Charles III nantinya.

Pada acara tersebut, lantai yang biasanya ditutupi karpet selama berabad-abad akibat kerusakan ini akan dibuka dan diperlihatkan ke publik. Sebelumnya, saat penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953 dan Raja George VI pada 1937, lantai ini tetap ditutup.

Lantai ini juga sempat diperbaiki selama dua tahun dan selesai pada tahun 2010.

Dengan demikian, pengunjung yang ikut tur di Westminster Abbey wajib melepas alas kaki agar tidak menggores permukaan lantai.

Untuk diketahui, tur di Westminster Abbey akan digelar mulai Senin (15/5/2023) hingga Sabtu (29/7/2023). Tarifnya mulai 15 pound sterling atau sekitar Rp 278.152.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!