Travel  

Ini Alasan Kenapa Turis Indonesia Lebih Suka Wisata ke Luar Negeri

Ini Alasan Kenapa Turis Indonesia Lebih Suka Wisata ke Luar Negeri

korannews.com – Berwisata ke luar negeri termasuk salah satu aktivitas yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut salah satunya terlihat dari banyaknya wisatawan nasional asal Tanah Air yang bepergian ke suatu negara.

Pada bulan April 2022, misalnya, wisatawan nasional tercatat paling banyak mengunjungi Singapura dengan jumlah melebihi 58.000 orang, sebagaimana dilaporkan Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Menurut Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Haryadi Sukamdani, salah satu alasan masyarakat Indonesia lebih suka berwisata ke luar negeri saat ini berkaitan dengan kreativitas para pelaku usaha pariwisata dalam mengembangkan produknya.

“Saya rasa kita harus introspeksi juga. Mungkin kita sendiri kurang promo atau kurang kreatif bikin produk,” kata Haryadi saat ditemui Kompas.com dalam Rakernas I GIPI 2023 di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Untuk itu, Haryadi meminta setiap asosiasi usaha di bawah naungan GIPI agar aktif membuka komunikasi dengan pemangku kepentingan lain, terutama dalam menjalankan berbagai program hingga tuntas.

Ia berpendapat, biasanya para pelaku usaha pariwisata hanya antusias pada masa awal.

“Tapi begitu kita finalisasi itu tidak terjadi,” tambahnya.

Oleh sebab itu, saat ini pihaknya berupaya mengembangkan paket wisata, mulai dari wisata bahari hingga perjalanan darat, untuk menggaet wisatawan nusantara.

“Kita sekarang lagi aktif, misal bikin overland dari Sumatera-Bali. Orang banyak yang enggak tahu bahwa perjalanan darat itu juga menyenangkan,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya juga tengah bekerja sama dengan pemilik kapal yacht.

error: Content is protected !!