Travel  

Targetkan 7,4 Juta Wisman, Sandiaga Promosikan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia di Berlin

Targetkan 7,4 Juta Wisman, Sandiaga Promosikan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia di Berlin

korannews.com – – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali berpartisipasi dalam Internationale Tourismus-Börse (ITB) Berlin 2023 di Berlin Expo Center, Messe Berlin, Jerman, Selasa (7/3/2023) hingga Kamis (9/3/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pada ITB Berlin kali ini Indonesia mengangkat tema “Visit Wonderful Indonesia 2023: Explore Our New Destinations” yang fokus pada lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Tujuan utamanya adalah untuk mencapai target 2023 dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ( wisman ) mencapai angka 7,4 juta kunjungan,” katanya di Berlin, Selasa.

Sandiaga berharap, melalui promosi tersebut, 5 DPSP semakin dikenal dunia internasional dan pariwisata Indonesia semakin meluas tidak hanya terpusat di Bali.

“Karena menurut data statistik, pariwisata Indonesia sebanyak 41 persen masih bertumpu pada Pulau Bali,” ungkapnya dalam siaran pers, Kamis.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menambahkan, pihaknya juga mengangkat desa wisata dalam upaya memperkuat kebangkitan ekonomi pascapandemi yang sejalan dengan prinsip ecotourism.

Saat ini Indonesia memiliki 100 desa wisata yang sudah terkurasi dan siap dikunjungi wisatawan.

Kemenparekraf juga mengembangkan program Indonesia Spice Up The World (ISUTW) untuk mempromosikan bumbu dan makanan khas Indonesia. Program ini turut diperkenalkan di bursa pariwisata ITB Berlin 2023.

Program ISUTW diharapkan dapat membantu berkembangnya jaringan restoran Indonesia di luar negeri sebagai media gastrodiplomacy.

Program itu juga bertujuan mencapai target nilai ekspor bumbu dan rempah sebesar dua miliar dollar Amerika Serikat (AS) dan mengaktivasi 4.000 restoran di luar negeri pada 2024.

“Semua ini diharapkan dapat diangkat dan diperkenalkan kepada dunia internasional melalui event besar ITB Berlin 2023,” ungkapnya.

Ni Made berharap, para pelaku industri yang ikut di Paviliun Indonesia serta dalam event tersebut dapat menjual lima DPSP melalui aktivitas bisnis meskipun tidak ada kegaitan business-to-consumer (B to C) seperti beberapa tahun sebelumnya.

“Kami juga berharap bisa mencapai target potensi transaksi ITB Berlin 2023 sebesar 300.000 pax dan target devisa sebesar Rp 5,2 triliun,” jelas Ni Made.

Adapun Kemenparekraf memfasilitasi 64 industri pariwisata untuk promosi dan menjual berbagai paket wisata di pameran pariwisata terbesar dunia tersebut.

Industri tersebut terdiri dari penyedia jasa akomodasi (hotel) dan travel agent atau tour operator dari Indonesia.

Untuk diketahui, capaian pariwisata Indonesia pada 2022 cukup menggembirakan dengan jumlah kedatangan wisman mencapai hampir 5,5 juta kunjungan dari target 3,6 juta.

Pada tahun yang sama, terjadi pula 703 juta pergerakan dari wisatawan nusantara dari target 600 juta pergerakan.

Devisa wisata nusantara mencapai angka 5,2 miliar dollar AS yang melebihi target 1,7 miliar dolar AS.

Kemudian, nilai tambah sektor parekraf Indonesia menembus Rp 1,276 triliun. Selain itu, nilai ekspor parekraf Tanah Air mencapai angka 24,5 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!