Travel  

Pantai Kelingking Bali Masuk Daftar Pantai Terbaik di Dunia 2023, Ketahui 7 Faktanya

Pantai Kelingking Bali Masuk Daftar Pantai Terbaik di Dunia 2023, Ketahui 7 Faktanya

korannews.com – Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Bali masuk dalam daftar pantai terbaik di dunia 2023 atau Best Beaches in The World 2023.

Pantai Kelingking berada di peringkat 16 dari 25 pantai terbaik di dunia 2023. Daftar ini merupakan bagian dari penghargaan Travelers’ Choice Awards 2023 dari situs perjalanan TripAdvisor

Dibatasi oleh tebing tinggi nan curam, perairan berwarna biru kehijau-hijauan dirangkul oleh pantai putih halus dengan panorama yang luar biasa. Rasanya seperti surga di dunia,” bunyi salah satu ulasan mengenai Pantai Kelingking dari laman resmi penghargaan tersebut, dikutip dari Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Sementara itu, di peringkat pertama dalam daftar Best Beaches in the World 2023 adalah Pantai Baia do Sancho di Brasil.

Digelar setiap tahun, Travelers’ Choice Awards memberi penghargaan kepada destinasi, hotel, restoran, dan aktivitas favorit pelaku perjalanan di seluruh dunia.

Penghargaan ini berdasarkan kualitas dan kuantitas ulasan serta pemeringkatan di TripAdvisor yang dihimpun dalam 12 bulan (1 Januari 2022-31 Desember 2022), ditambah proses editorial.

Fakta Pantai Kelingking

Pantai Kelingking merupakan salah satu pantai populer di Bali. Ada sejumlah fakta menarik Pantai Kelingking seperti dihimpun Kompas.com berikut ini.

1. Asal nama Pantai Kelingking

Diberi nama Pantai Kelingking karena pintu masuk pantai ini terletak di tebing, dengan bukit yang memanjang dan menjorok ke arah laut menyerupai kelingking kecil, seperti dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Bali.

Bagian tebing dan bukit memanjang tersebut menjadi spot foto ikonik di Pantai Kelingking lantaran bentuknya yang unik.

2. Dikenal sebagai T-Rex Bay

Pantai Kelingking juga dikenal sebagai T-Rex Bay atau Pantai T-Rex singkatan dari Tyrannosaurus Rex (T-Rex). Alasannya, formasi tebing batu dan bukit yang memanjang tersebut menyerupai tulang punggung dinosaurus T-Rex.

Terlebih, jika formasi tebing tersebut dilihat dari atas, sehingga tampak menyerupai bagian punggung T-Rex.

3. Dekat dengan pantai indah

Pantai Kelingking berada di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Nusa Penida merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bali karena memilikii banyak pantai yang menawan.

Nusa Penida adalah pulau terpencil dengan pasir putih dan laut biru jernih yang dikelilingi oleh tanjung dan tebing curam, seperti dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Bali.

Pantai Kelingking berdekatan dengan sejumlah pantai lain yang tidak kalah menarik, seperti Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, Angel’s Billabong, serta Broken Beach.

Pantai-pantai tersebut bisa menjadi alternatif kunjungan wisatawan usai menyambangi Pantai Kelingking.

4. Habitat hewan langka

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kelingking bisa menyelam (diving) di habitat hewan langka, yakni pari manta. Lokasi diving berada di Manta Point, seperti dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Bali.

Manta Point berada di Tanjung Pandan, ujung barat daya Pulau Nusa Penida. Manta Point merupakan spot penyelaman terdalam di pulau tersebut.

Berbeda dengan tempat menyelam lainnya yang menawarkan keindahan terumbu karang, di Manta Point wisatawan bisa berenang dengan puluhan pari manta.

5. Medan ekstrem

Untuk menikmati eksotisme Pantai Kelingking, wisatawan harus melalui medan yang cukup ekstrem. Wisatawan harus menuruni anak tangga pada tebing curam dengan kemiringan sekitar 70-80 derajat, seperti dikutip dari laman Pemerintah Provinsi Bali.

Sementara tinggi tebingnya mencapai 150 meter, seperti dikutip dari laman Nusa Penida. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk menuruni tebing tersebut.

Oleh sebab itu, pengunjung harus berpegangan pada pagar kayu. Alternatif lainnya adalah menggunakan kapal dari pelabuhan menuju pantai.

Namun, semua upaya tersebut akan terbayar saat melihat keindahan Pantai Kelingking berpasir putih.

6. Kerap dapat penghargaan internasional

Pantai Kelingking kerap mendapatkan penghargaan internasional karena keunikan dan keindahannya.

Beberapa penghargaan internasional itu antara lain, Pantai Paling Populer di Instagram 2021 dan peringkat ke-9 Pantai Paling Cantik di Asia 2021 versi CNN Travel.

Kemudian, peringkat ke-19 Pantai Terbaik di Dunia versi TripAdvisor 2019 dan peringkat ke-2 Pantai Terbaik di Asia versi TripAdvisor 2019.

7. Harus antre untuk foto

Untuk foto di tebing Pantai Kelingking, wisatawan lokal dan mancanegara harus rela antre hingga satu jam, seperti dikutip dari Kompas.com (23/6/2019).

Terutama pada akhir pekan dan hari libur, antrean akan semakin panjang. Spot foto favorit adalah dari atas tebing dengan latar belakang panorama tebing karang yang bentuknya menyerupai T-Rex serta laut lepas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!