Travel  

Jadi Lokasi Syuting John Wick 4, Ini 5 Fakta Gurun Wadi Rum

Jadi Lokasi Syuting John Wick 4, Ini 5 Fakta Gurun Wadi Rum

korannews.comJohn Wick 4 tengah tayang di sejumlah bioskop di Indonesia. Film yang dibintangi aktor peran Keanu Reeves ini melakukan proses syuting di sejumlah lokasi, salah satunya Gurun Wadi Rum di Yordania.

Lokasi ini bisa dilihat di adegan pembuka. Dalam adegan tersebut, terlihat John Wick (Keanu Reeves) yang berpakaian serba hitam menunggangi kuda untuk mengejar pasukan High Table.

Adapun Production Designer John Wick: Chapter 4, Kevin Kavanaugh, mengatakan bahwa dirinya menyukai gurun tersebut. Lokasi itu dipilih agar ada keterkaitan dengan lanskap di film sebelumnya, John Wick 3.

“(Adegan di Gurun Wadi Rum) ada di awal, tapi kami merekamnya pada akhir produksi,” tutur Kavanaugh, dikutip dari Conde Nast Traveler, Kamis (30/3/2023).

Sebagai informasi, Gurun Wadi Rum terletak di sisi selatan Yordania atau sekitar 60 kilometer (km) dari Teluk Aqaba.

Berikut beberapa fakta lebih lanjut tentang Gurun Wadi Rum:

Fakta Gurun Wadi Rum, lokasi syuting John Wick 4

1. Sering jadi lokasi syuting film

Selain film John Wick 4, Gurun Wadi Rum juga pernah menjadi lokasi syuting sejumlah film, salah satunya Star Wars: The Rise of Skywalker pada tahun 2019.

Kemudian, ada pula film Aladdin pada tahun 2019 dan film Lawrence of Arabia pada tahun 1962 yang mengambil gambar di lokasi ini, dilansir dari laman Wadirum Desert Eyes.

2. Kawasan dilindungi

Dikutip dari laman resmi UNESCO, Gurun Wadi Rum yang luasnya sekitar 74.000 hektar masuk ke dalam situs alam dan budaya yang dilindungi.

Bernama Wadi Rum Protected Area (Area Dilindungi Wadi Rum atau WRPA), kawasan ini memiliki lanskap yang bervariasi, antara lain ngarai sempit, tebing, dan gua.

Di kawasan ini pula terdapat petroglif, prasasti, dan peninggalan arkeologis lainnya yang menunjukkan adanya aktivitas dan interaksi manusia dengan lingkungan selama 12.000 tahun.

3. Ada bangunan kuno

Gurun Wadi Rum memiliki beberapa bangunan kuno. Salah satunya adalah kuil yang dibangun oleh orang Nabat atau suku yang membangun kota batu di wilayah Petra, sebagaimana dilaporkan oleh , Kamis (9/5/2013).

Selain itu, di Gurun Wadi Rum juga terdapat Jembatan Batu Umm Fruth yang menghubungkan dua bukit batu.

4. Punya suku asli

Di Gurun Wadi Rum, terdapat suku asli bernama bedouin yang hingga saat ini masih tinggal secara semi-nomaden di tenda di kawasan gurun tersebut.

Setelah Wadi Rum berkembang menjadi tempat wisata, banyak anggota suku bedouin yang menjadi pemandu wisata serta penunjuk jalan bagi para pemanjat tebing.

5. Aktivitas di Gurun Wadi Rum

Jika ingin menjelajahi Gurun Wadi Rum, wisatawan bisa menaiki jip, unta, atau kuda. Mereka juga bisa berjalan kaki, dikutip dari laman resmi Wadi Rum.

Apabila mencari kegiatan yang lebih menantang, wisatawan juga bisa mendaki dan trekking.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!