Travel  

13 Tempat Ngaburit Murah Meriah Jakarta Selatan, Bisa Piknik di Taman

13 Tempat Ngaburit Murah Meriah Jakarta Selatan, Bisa Piknik di Taman

korannews.com – Momentum Ramadhan sangat lekat dengan ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Pada umumnya, masyarakat mengunjungi tempat ngabuburit bersama teman atau keluarga.

Ada berbagai pilihan lokasi ngabuburit termasuk tempat yang murah meriah bahkan gratis. Kamu bisa menjumpai tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Selatan dan kota-kota lainnya.

Tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Selatan

Berikut tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Selatan seperti dirangkum Kompas.com

1. Setu Babakan

Salah satu tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Selatan adalah Setu Babakan. Pengunjung tidak dipungut tiket masuk kawasan budaya ini, cukup membayar tiket parkir saja.

Kamu bisa menunggu azan maghrib sambil mempelajari kebudayaan Betawi. Selain itu, pengunjung bisa mengunjugi rumah adat Betawi yang berada di tepi kolam.

Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

2. Taman Langsat

Menunggu waktu berbuka puasa di taman bisa menjadi pilihan ngabuburit irit, lho. Kamu bisa mengunjungi Taman Langsat yang berada di Jalan Barito, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kamu bisa menunggu azan maghrib dengan suasana tenang jauh dari kebisingan meskipun berada di tengah kota.

Ada beragam aktivitas sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti duduk di tepi kolam melihat unggas, main di ayunan, duduk santai di atas rumput, atau sekadar jalan keliling taman.

Taman Langsat dikeliling pepohonan rindang sehingga nyaman bagi para pengunjung. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek karena masuk Taman Langsat gratis.

3. Taman Ayodya

Taman lain sebagai pilihan tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Selatan adalah Taman Ayodya. Lokasinya berada Jalan Barito, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi dari Tribun News (03/08/2015), taman ini memiliki danau buatan seluas 1.500 meter persegi yang dilengkapi dengan air mancur. Jadi, kamu bisa menikmati kesegaran panorama di Taman Ayodya saat ngabuburit.

Taman seluas 7.500 meter ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Antara lain bangku taman, toilet, gazebo, pendopo, danau buatan, air mancur, dan lainnya.

4. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya juga disebut sebagai Taman Angsa Ciganjur dan Taman Moch. Kahfi 1. Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Mengutip situs Jakarta Tourism, taman cantik ini dilengkapi dengan kolam teratai. Taman Tabebuya menjadi alternatif lokasi ngabuburit yang asri dan sejuk.

Pengunjung juga bisa menunggu azan maghrib sembari piknik di atas rumput hijau, olah raga, yoga, memberi makan ikan di kolam, dan lainnya.

5. Taman Spatodhea

Berada di daerah Jagakarsa, Taman Spatodhea bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Selatan.

Mengutip laman Pesona Indonesia, pengunjung tidak dipungut tiket masuk ke area taman ini alias gratis.

Ada berbagai kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan di Taman Spatodhea, seperti jalan-jalan santai, jogging, memberi makan ikan-ikan, melihat aneka bunga, dan lainnya.

Sama seperti taman-taman di Jakarta, Taman Spathodea juga dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, arena bermain anak, dan jogging track. Taman ini juga memiliki danau buatan.

6. Pasar Santa

Kawasan Pasar Santa populer sebagai lokasi berburu takjil murah meriah. Lokasinya berada di Jalan Cipaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mengutip Kompas.com (13/04/2021), para penjual takjil di Pasar Santa mulai menjajakan dagangannya pukul 15.00 WIB. Pengunjung bisa menemukan beragam kudapan di sana, seperti kolak pisang dan ubi, biji salak, sop buah, gorengan, sampai makanan berat seperti bakso.

Tak heran, kawasan Pasar Santa selalu ramai pengunjung menjelang waktu berbuka puasa.

7. Taman Satria Mandala

Taman ini berada di halaman Museum Satria Mandala yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Mengutip informasi dari Tribun Jakarta (13/09/2021), Taman Satria Mandala menawarkan konsep piknik di tengah kota. Kamu bisa ngabuburit sambil piknik dan bersantai di atas rumput, dengan pemandangan gedung-gedung tinggi di Jalan Gatot Subroto.

Kamu juga bisa menikmati koleksi yang berada di Museum Satria Mandala, seperti pesawat tempur dan rudal SA-75 yang merupakan salah satu alat pertahanan TNI AU pada 1962.

8. Epicentrum Walk

Epicentrum Walk berada di kawasan Jalan Rasuna Said, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan. Sambil menunggu azan maghrib, kami bisa berjalan santai atau jogging di area pedestrian tepi sungai.

Ada beberapa pohon rimbun yang mengelilingi area pedestrian sehingga suasananya teduh. Kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit secara gratis di area ini.

Mendekati azan maghrib, kamu bisa mencari beberapa makanan dengan harga variatif di Plaza Festival dekat Epicentrum Walk.

9. JPO Phinisi

Jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu, usai direvitalisasi.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk berfoto di kawasan ini alias gratis.

Namun, kamu harus berpindah tempat jika ingin mencari takjil dan makanan. Alternatifnya adalah di belakang gedung WTC atau sepanjang kawasan Jalan Sudirman.

10. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park selesai direvitalisasi tahun lalu, sehingga memiliki banyak fasilitas baru. Bahkan, Tebet Eco Park menjadi viral di media sosial sehingga pengunjung pun membludak.

Mengutip Kompas.com (25/4/2022), taman seluas 7 hektar ini memiliki beragam wahana baru antara lain Infinity Link Bridge, Tebet Eco Park Plaza, taman tematik, area UMKM, Wetland Boardwalk, taman bermain anak, dan sebagainya.

Tebet Eco Park bisa menjadi alternatif ngabuburit di Jakarta Selatan. Sembari menunggu azan maghrib, kamu bisa berfoto di berbagai spot instagramble atau jalan-jalan santai di area taman.

11. Skywalk Kebayoran Lama

Skywalk Kebayoran Lama disebut sebagai jembatan layang terpanjang di Jakarta. Skywalk ini baru saja diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (27/1/2023) lalu.

Jembatan layang ini memiliki panjang 450 meter dan lebar 3,6 meter. Mengisi waktu ngabuburit, kamu bisa menjajal skywalk terpanjang di ibu kota ini.

Selain itu, fasilitas umum ini dekat dengan beberapa taman seperti Taman Puring, Taman Langsat, dan Taman Barito. Skywalk ini juga dekat dengan kafe seni Kampung Gallery dan destinasi wisata belanja Gandaria City.

Warga yang melintas di Skywalk Kebayoran Lama gratis alias tidak dipungut biaya.

12. Hutan Kota GBK

Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) merupakan area terbuka hijau di Jakarta Selatan yang bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, (28/2/2022), lahan seluas empat hektare itu kini telah ditata sebagai paru-paru kota.

Sambil menunggu azan maghrib, kamu bisa duduk santai sembari piknik menggelar tikar di taman hijau. Duduk santai di area taman ini menawarkan pemandangan menarik dengan latar belakang gedung-gedung tinggi perkantoran di kawasan SCBD.

13. M Bloc Space

M Bloc Space merupakan tempat nongkrong sekaligus wisata kuliner yang terkenal di kalangan anak muda ibu kota. Lokasinya berada di Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan.

Ada berbagai tenant makanan dan minuman di kawasan ini yang menawarkan harga beragam dari murah hingga cukup menguras kantong.

Mengutip Kompas.com (28/10/2019), kawasan ini dulunya merupakan rumah dinas Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Tak heran, arsitektur bangunan di M Bloc Space bergaya vintage dan atau rumah tropis era 1950-an.

Selain kafe, M Bloc Space juga menyediakan ruang kreatif bagi para muda-mudi. Lokasinya cukup strategis karena berada di dekat stasiun MRT ASEAN dan halte TransJakarta Blok M.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!