Pasar wearable bakal naik di semester kedua tahun ini

Pasar wearable bakal naik di semester kedua tahun ini

Pasar wearable bakal naik di semester kedua tahun ini

Menurut data dari International Data Center (IDC) pasar perangkat wearable akan booming pada semester kedua tahun 2022.

Paruh kedua tahun ini kita akan melihat Meta, pemasok perangkat VR terbesar, dan Apple, pemimpin dalam smartwatch, merilis perangkat wearable baru. Kita juga dapat mengharapkan produk baru yang akan dirilis oleh perusahaan seperti Xiaomi dan Samsung. Jadi, perangkat wearable akan menjadi pertarungan sengit baru yang signifikan di paruh kedua tahun ini, selain ponsel.

Menurut salah satu orang dalam industri, Taiwan Economic Daily, pasar perangkat wearable secara keseluruhan masih berkembang dan merek-merek besar tidak akan menyerah begitu saja. Dilansir dari Gizmochina (11/7), diperkirakan bahwa perusahaan seperti Apple, Samsung, Xiaomi, Huawei, dan bahkan Meta akan terus mengumumkan produk baru. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan nilai merek dan menjual lebih banyak layanan tambahan daripada perangkat keras semata.

Dalam sebuah laporan oleh perusahaan riset IDC, 530 juta perangkat wearable akan dikirimkan ke seluruh dunia pada tahun 2021, meningkat 20% dari tahun sebelumnya. Mayoritas barang yang dikirim adalah smartband dan smartwatch.

Apple memiliki keunggulan signifikan dibandingkan dengan para pesaingnya dalam hal smartwatch. Apple Watch memiliki pangsa pasar 35% pada kuartal keempat tahun lalu, Xiaomi berada di urutan kedua dengan 8,6%, dan Samsung berada di urutan ketiga dengan 7,9%. Sekitar 6,7% pasar diambil oleh Huawei.

Menurut statistik IDC, 11,23 juta headset AR/VR dikirimkan secara global tahun lalu, meningkat 92,1% tahun-ke-tahun (YoY) dalam hal perangkat VR. Salah satunya mengalami pengiriman pertama peralatan VR melebihi 10 juta unit, tepatnya 10,95 juta.

Pengiriman peralatan VR diperkirakan akan meningkat 43,6% YoY menjadi 15,73 juta unit tahun ini. Di antara pabrikan tersebut, Meta, Produsen peralatan VR teratas, memiliki pasar 80% untuk Oculus, yang secara signifikan lebih tinggi daripada pesaing lainnya.

Pakar industri yang dikutip dalam laporan tersebut mengatakan bahwa karena tidak banyak perangkat wearable baru yang dirilis pada paruh pertama tahun ini, produk baru yang dirilis pada paruh kedua tahun ini diharapkan dapat menarik pembeli. Namun, jika masalah inflasi global terus berdampak negatif terhadap ekonomi secara keseluruhan, penjualan perangkat wearable dapat didiskon, dan permintaan pasar masih perlu diamati dengan cermat.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!