10 Jenis Nama Emosi pada Manusia, Nomor 4 Sering Terjadi pada Anak Muda!

10 Jenis Nama Emosi pada Manusia, Nomor 4 Sering Terjadi pada Anak Muda!

10 Jenis Nama Emosi pada Manusia, Nomor 4 Sering Terjadi pada Anak Muda!

JAKARTA, celebrities.id – Jenis nama emosi pada manusia sangat menarik untuk dibahas karena menerangkan berbagai perasaan yang dialami seseorang setiap harinya. 

Setiap hari kita mengalami berbagai macam emosi, yang bahkan tidak disadari secara langsung. Setidaknya terdapat enam emosi dasar yang kita gunakan sebagai ekspresi terhadap suatu hal maupun benda. Kamu pasti pernah merasa bahagia, sedih, takut, marah, terkejut atau bahkan jijik pada suatu hal.

Mengenali berbagai jenis emosi dan ekspresi wajah juga dapat membangun kecerdasan emosional dan merupakan keterampilan utama yang dibutuhkan untuk berkembang maju sebagai manusia di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (29/7/2022) telah merangkum jenis nama emosi pada manusia, sebagai berikut.

Jenis Nama Emosi pada Manusia

1. Kesedihan

Emosi ini berkaitan dengan peristiwa tertentu, seperti kehilangan atau penolakan terhadap suatu hal. Beberapa situasi terkadang membuat seseorang juga tidak paham mengapa dirinya sedih.

Sedih juga erat kaitannya dengan kesepian, patah hati, muram, kecewa, tanpa harapan atau sedang berduka. Kesedihan mungkin sulit dihilangkan, tetapi tergantung pada niat kamu untuk bangkit.

2. Amarah

Kemarahan umumnya terjadi saat seseorang mengalami beberapa jenis ketidakadilan. Pengalaman ini bisa membuat kita merasa terancam, terjebak dan tidak mampu membela diri.

Banyak orang menganggap kemarahan sebagai hal yang negatif, tetapi itu adalah emosi normal yang dapat membantu kita mengetahui kapan suatu situasi menjadi tidak semestinya.

3. Ellipsisme

Emosi ini berkaitan dengan rasa sedih yang dialami seseorang saat menyadari bahwa tidak akan hidup untuk melihat masa depan lebih lama.

Seorang yang telah lanjut usia mungkin sedih karena tidak bisa melihat bayi yang baru lahir beranjak dewasa. Hal tersebut terkadang memunculkan kecemasan yang berlebih dan berujung pada kemurungan.

4. Adronitis

Emosi ini berhubungan dengan rasa frustasi yang dialami ketika bertemu orang baru dan menarik, namun menyadari butuh waktu lama untuk mengembangkan hubungan sepenuhnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salah satu mekanisme untuk mengembangkan kedekatan adalah pengungkapan diri secara timbal balik, yakni secara berurutan mengungkapkan informasi pribadi satu sama lain.

5. Kebahagiaan

Emosi ini berkaitan dengan rasa bahagia, tenang dan baik. Kamu dapat mengungkapkan perasaan ini dengan tersenyum, tertawa atau memanjakan diri sendiri.

Kamu akan merasa dekat dan terhubung dengan orang-orang yang disayangi, aman dan terlindung. Kamu juga akan merasa santai dan damai saat bahagia.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!