Remaja 17 Tahun Cetak Rekor Jadi Pilot Termuda Keliling Dunia Sendirian

Merdeka.com – Seorang remaja berusia 17 tahun bernama Mack Rutherford kemarin menjadi orang termuda yang terbang sendirian keliling dunia dengan pesawat kecil setelah lepas landas pertama kali pada 23 Maret, menurut Guinness World Records (GWR).

Dilansir laman CNN, Kamis (25/8), remaja berdarah Inggris-Belgia itu mendarat pada hari sebelumnya di Ibu Kota Sofia, Bulgaria, lokasi dia memulai penerbangannya, menurut situs web resmi Rutherford dan GWR. Dia pertama kali berangkat ketika masih berusia 16 tahun.

Rute Rutherford membentang 52 negara melintasi lima benua dengan pesawat Shark ultralight yang disiapkan khusus dengan kecepatan jelajah mencapai 300 kilometer per jam.

“Saya ingin menggunakan kesempatan untuk bertemu orang-orang muda di rute saya yang melakukan hal-hal luar biasa, membuat perbedaan bagi komunitas mereka atau bahkan bagi dunia,” tulisnya sebelum terbang.

Perjalanan Rutherford bisa dilacak di situs resminya. Dia berangkat dari Bulgaria menuju Mediterania kemudian melalui Sahara, terus melalui Timur Tengah dan kemudian Asia Timur.

Rutherford memecahkan dua rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh kakak perempuannya Zara Rutherford, sebagai orang termuda yang terbang solo keliling dunia dan juga orang termuda yang melakukannya dengan pesawat microlight, kata situs GWR.

Rutherford baru berusia 15 tahun ketika dia menerima lisensi pilot pertamanya.

Dia memasuki rute terakhirnya melalui Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko sebelum terbang kembali melalui Eropa dan mendarat di Sofia.

“Ketika saya berusia 15 tahun, saya mendapatkan lisensi saya dan menjadi yang termuda di dunia pada saat itu. Kemudian ketika saudara perempuan saya terbang keliling dunia, saya berpikir, ada sesuatu yang benar-benar dapat saya coba perjuangkan dan capai,” katanya.

Perjalanannya bahkan membawanya ke sebuah pulau terpencil di Pasifik Utara, setelah angin sakal yang kuat memaksanya untuk mendarat selama penerbangan dari Jepang ke Amerika Serikat.

“Saya makan beberapa Oreo untuk makan malam dan kemudian pergi tidur di bilik kecil – tapi itu benar-benar pengalaman yang luar biasa,” katanya.

Reporter Magang: Gracia Irene

Baca juga:
Pria Prancis Catat Rekor Baru Menyelam Paling Dalam di Bahamas
Sherpa Asal Nepal Pecahkan Rekor Dua Kali Mendaki 14 Puncak Tertinggi Dunia
Daftar 10 Besar Kota Terbaik Dunia 2022
Simba, Anak Kambing dengan Telinga Terpanjang di Dunia
Remaja di Nepal dengan Tubuh Sebesar Bayi 1 Tahun
Sherpa Asal Nepal Kembali Pecahkan Rekor Mendaki Everest 26 Kali
Pria AS Pecahkan Rekor Dunia Setelah Tonton Film Spider-Man 292 kali
Daftar Nama Negara di Dunia, Nama Asli Bangkok jadi yang Terpanjang dan Susah Dihafal


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!