CEK FAKTA: Hoaks Pasangan di Ghana yang Ingin Bercerai Wajib Pakai Baju Pengantin

Merdeka.com – Beredar informasi di media sosial soal pasangan di Ghana wajib menggunakan baju pengantin saat ingin bercerai. Dalam unggahannya disertakan juga foto beberapa pria dan wanita memakai baju pengantin.

Narasi dalam unggahan:

Di Ghana, pasangan yang ingin bercerai di wajibkan menggunakan baju pengantin atau pakaian yang sama saat menikah dulu, alhasil 91% dari mereka membatalkan niat untuk bercerai,” demikian isi narasi yang beredar di Twitter.

hoaks soal ghana

istimewa

Penelusuran

Setelah ditelusuri, klaim pasangan di Ghana wajib memakai baju pengantin saat ingin bercerai adalah keliru. Melansir africacheck.org, tidak ada ketentuan yang dimuat dalam undang-undang Ghana terkait jenis pakaian yang harus digunakan bagi pasangan yang ingin bercerai.

Sedangkan dalam situs Alamy.com, situs penyedia foto dan video yang berpusat di Inggris mencatat gambar dalam unggahan di Twitter itu diambil pada Januari 2009 dan berlokasi di Uganda. Bukan Ghana.

Foto milik Becky Matthew tersebut berisi keterangan sebagai berikut:

Lacekocot, Distrik Pader, Uganda. 2009. Teman-teman dan keluarga berkumpul untuk pernikahan kelompok enam pasangan di gereja di Kamp Pengungsi Internal Lacekocot di Pader. Pernikahan ini terselenggara berkat sumbangan gaun pengantin dan perlengkapan pernikahan dari Inggris. Lebih dari 100 gaun pengantin disumbangkan dan akan memberikan pendapatan berkelanjutan bagi wanita Uganda, melalui bisnis penyewaan gaun. Kamp Pengungsi Internal Lacekocot adalah kamp dukungan mata pencaharian bagi rumah tangga yang terkena dampak konflik di Uganda Utara. Mereka yang menikah adalah anggota masyarakat Acholi yang terlantar”.

Kesimpulan

Klaim pasangan di Ghana wajib memakai baju pengantin saat ingin bercerai adalah keliru. Faktanya, di Ghana tidak ada aturan terkait pakaian yang harus digunakan bagi pasangan yang ingin bercerai.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://africacheck.org/fact-checks/meta-programme-fact-checks/ugandan-photo-used-claim-ghanaian-couples-have-wear-wedding
https://www.antaranews.com/berita/3002189/hoaks-pasangan-di-ghana-wajib-gunakan-pakaian-pengantin-saat-bercerai

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!