Bagaimana masa depan pemeriksaan fakta otomatis? Pemeriksa fakta berdiskusi

Bagaimana masa depan pemeriksaan fakta otomatis? Pemeriksa fakta berdiskusi

Bagaimana masa depan pemeriksaan fakta otomatis? Pemeriksa fakta berdiskusi

Kate Wilkinson, manajer produk senior di Full Fact yang berbasis di Inggris, dan Pablo Fernández, direktur eksekutif Chequeado yang berbasis di Argentina, membahas alat tiga bagian yang mereka kembangkan yang membahas berbagai tahap proses pengecekan fakta. Kerja kolaboratif mereka, yang didanai oleh hibah dari Google, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi peran pembelajaran mesin dan AI dalam pengecekan fakta.

Pertama, kata Wilkinson, mereka menciptakan alat pendeteksi klaim, “yang memungkinkan pengguna untuk benar-benar memilih media yang ingin mereka pantau. Dan selama 24 jam, menggores kalimat-kalimat itu dan hanya menampilkan kalimat-kalimat yang mengandung klaim faktual.” Pemeriksa fakta kemudian dapat memfilter kalimat tersebut berdasarkan siapa yang mengucapkannya, dan berdasarkan subjek klaim.

Mereka juga membuat alat pencocokan yang dapat mencari pengulangan online dari klaim yang telah diperiksa. Tetapi yang paling menarik, kata Wilkinson, adalah alat pemeriksa statistik mereka, yang menggunakan AI untuk menemukan statistik yang relevan untuk memeriksa fakta suatu klaim. “Jika kami memiliki alat yang memungkinkan kami mengetahui klaim mana yang lebih mungkin salah berdasarkan data yang kami akses, kami kemudian dapat memprioritaskan perhatian kami dan mungkin tidak menghabiskan waktu mengejar klaim yang kemudian kami putuskan untuk tidak memeriksa fakta karena mereka benar.”

Ketika ketiganya bekerja bersama-sama, Wilkinson mengatakan itu terasa seperti “ajaib.”

Chequeado mempelopori program bahasa Spanyol, kata Fernandez. “Sekitar 500 juta orang berbicara bahasa Spanyol, jadi ini adalah audiens besar yang dapat kami jangkau dengan otomatisasi.”

Chequeado telah menggunakan prototipe secara internal untuk memeriksa fakta pidato presiden, tetapi belum tersedia untuk umum.

Aos Fatos, situs pengecekan fakta Brasil, menggunakan otomatisasi untuk memprediksi “aliran informasi yang salah di media sosial” kata Tai Nalon, direktur eksekutif Aos Fatos, yang juga berpartisipasi dalam panel. “Kami dapat mensistematisasikan dan mengatur sejumlah besar data tidak hanya mengenai pidato politik tetapi juga selama pandemi, aliran informasi yang salah COVID-19.”

Sejak tahun 2020, Aos Fatos telah menghasilkan lebih dari 50 laporan tentang penyebaran informasi yang salah melalui media sosial di Brasil. Perusahaan juga mengembangkan program transkripsi yang bekerja secara efisien dalam bahasa Portugis.

Anggota terakhir panel, Rubén Míguez, chief technology officer di Newtral, situs pengecekan fakta Spanyol, memimpin pengembangan alat yang disebut Claim Hunter, yaitu AI yang mendengarkan dan menyalin audio dan mendeteksi pernyataan untuk diperiksa.

Claim Hunter juga memantau akun Twitter dari 400 politisi; itu mengirimkan peringatan ketika pernyataan faktual dibagikan. “Kami menghemat 90% waktu dalam pemantauan politik,” kata Míguez, yang membebaskan wartawan untuk menerbitkan lebih banyak cek fakta. Newtral telah mulai berbagi teknologi ini dengan reporter lain dan sedang mengujinya dalam bahasa lain.

Sesi ditutup dengan masing-masing panelis berbagi perhatian dan harapan mereka untuk masa depan pemeriksaan fakta otomatis.

Wilkinson menyoroti pentingnya kolaborasi di antara pemeriksa fakta untuk memahami tantangan bersama dan berbagi solusi. Nalon kembali menegaskan perlunya pendanaan jangka panjang. Míguz mendorong lebih banyak teknologi bilingual. Fernandez menyebutkan pentingnya antarmuka pengguna dan fungsionalitas bagi orang-orang yang menggunakan teknologi baru ini dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Adair menekankan perlunya lebih banyak pemeriksaan fakta dan mengemukakan tantangan untuk menjangkau orang-orang.

“Di sebagian besar negara kita, kita memiliki segmen besar orang yang tidak mendapatkan pemeriksaan fakta, yang tidak menginginkan pemeriksaan fakta, (dan) yang menentang kebenaran,” katanya. “Dan kita perlu memikirkan pengecekan fakta otomatis yang juga menjangkau mereka.” (poynter)


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!