Terapkan Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Mahasiswa Indonesia-Filipina Magang Virtual Bersama

Terapkan Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Mahasiswa Indonesia-Filipina Magang Virtual Bersama

Terapkan Kampus Merdeka Kemendikbudristek, Mahasiswa Indonesia-Filipina Magang Virtual Bersama

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA dan mahasiswa Don Mariano Marcos Memorial State University (MMMSU) Filipina mengikuti magang virtual bersama.

Kuliah bersama ini merupakan bagian implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

“Kegiatan ini sebagai upaya merespon program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ucap Wakil Rektor III UHAMKA Lelly Qodariyah melalui keterangan tertulis, Minggu (23/7/2022).

Magang ini bertajuk “Joint Virtual Internship dengan tema, “Media Convergence In The Digital Communication Era”.

Baca juga: Webinar Literasi Digital Buat Guru di Kota Padang Latih Cara Bikin Konten Belajar Menarik

Konvergensi media, kata Lelly, merupakan bentuk pengintegrasian berbagai media lewat digitalisasi melalui industri media.

Lelly mengatakan konvergensi media ini tidak lepas dari keterampilan pekerja media.

“Untuk menyiapkan pelaku media yang memiliki kemampuan konvergensi media, maka kami mengadakan program magang virtual,” ucap Lelly.

Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP Uhamka Farida Hariyati mengatakan program Virtual Internship ini bersifat perkuliahan dan praktik atau penugasan yang dilaksanakan secara daring.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemitraan internasional sebagai impelementasi MoU tingkat universitas memperluas jaringan kerjasama fakultas dan prodi dengan praktisi dan mitra industri,

“Serta memberikan pengalaman pembelajaran di luar prodi bagi mahasiswa untuk direkognisi atau dikonversi pada matakuliah di prodi asal (Prodi Ilmu Komunikasi), memberikan wawasan atau pencerahan bagi dosen-dosen yang terlibat dalam kemitraan internasional dan membangun branding prodi/fakultas di tingkat global,” ucap Farida.

Baca juga: Kemendikbudristek: 192 Ribu Sekolah Telah Menerapkan Kurikulum Merdeka

Seperti diketahui, magang bersama ini berlangsung dari tanggal 18 sampai dengan 29 Juli 2022 secara virtual melalui platform Zoom.

Perkuliahan ini mengikuti “The 1st Batch of Virtual SEAMEO TVET Student Exchange 2022” yang dikoordinasikan melalui Southeast Asia Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET) di bawah organisasi SEAMEO (Southeast Asia Ministry of Education Organization).

Peserta dalam magang virtual ini terdiri dari 11 mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA dan 19 mahasiswa DMMMSU dari Prodi Bahasa Inggris, Pertanian & Teknik Biosistem, Sistem Informasi, dan Ilmu Komunikasi.

Para mentor dari Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) sebagai Mitra FISIP UHAMKA dan narasumber dari DMMMSU ada 5 narasumber, yakni Ahmad Djauhar Kristanto Hartadi, Maria Dian Andriana, Kennorton Hutasoit, dan Jerald Uy Saculles.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!