Kepala BMKG: Cuaca Ekstrem Mengancam Ketaganan Pangan

Kepala BMKG: Cuaca Ekstrem Mengancam Ketaganan Pangan

Kepala BMKG: Cuaca Ekstrem Mengancam Ketaganan Pangan

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati menilai laju perubahan iklim yang diperparah dengan kerusakan lingkungan memicu bencana alam. Foto: Ricardo/Dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati menilai laju perubahan iklim yang diperparah dengan kerusakan lingkungan memicu bencana alam.

Hal itu diucapkan Dwikorita saat peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Nasional (HMKGN) di Jakarta, Kamis (21/7) yang mengambil tema “SDM unggul, BMKG Andal, Indonesia Tangguh”.

Menurutnya cuaca ekstrem karena kerusakan lingkungan menyebabkan berbagai bencana alam hidrometeorologi seperti siklon tropis, banjir, banjir bandang, tanah longsor, puting beliung, gelombang tinggi laut, dan lain sebagainya.

“Cuaca ekstrem yang intensitasnya makin sering dan durasinya panjang ini juga mengancam ketahanan pangan nasional,” ungkap Dwikorita dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (23/7).

Saat ini, kata dia, risiko krisis pangan akibat cuaca ekstrem makin diperaparah dengan kondisi pascapandemi Covid-19 dan perang antara Rusia-Ukraina yang menganggu rantai pasok pangan dan energi global.

Apabila hal ini terus dibiarkan, maka akan menjalar ke berbagai persoalan lainnya, termasuk ekonomi dan politik.

Oleh karena itu, BMKG mengajak seluruh komponen masyarakat menjaga kelestarian alam untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

“Kami (BMKG-red) terus melakukan pendampingan kepada para petani dan nelayan agar mampu memitigasi dan beradaptasi dengan perubahan iklim,” katanya.

Kelapa BMKG menyebut cuaca ekstrem yang intensitasnya makin sering dan durasinya panjang ini juga mengancam ketahanan pangan nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA TERKAIT

  • Simak Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat, Warga di Jakarta, Depok, dan Bekasi Waspadalah
  • WNI di Jepang Diminta Waspada, Jauhi Ruang Terbuka
  • Simak Prakiraan Cuaca Besok Jumat, BMKG Minta Masyarakat Waspada
  • Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis, Warga di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten Siap-Siap Ya
  • Selamat Beraktivitas dengan Leluasa, Simak Ramalan Cuaca Hari Ini
  • Simak Prakiraan Cuaca Besok Kamis, Warga di Sulawesi dan Kalimantan Wajib Waspada


Artikel ini bersumber dari www.jpnn.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!