Habitatnya Terganggu Karena Banjir, Orangutan di Kalteng Mengungsi Lewat Jalan Raya, Videonya Viral 

Habitatnya Terganggu Karena Banjir, Orangutan di Kalteng Mengungsi Lewat Jalan Raya, Videonya Viral 

Habitatnya Terganggu Karena Banjir, Orangutan di Kalteng Mengungsi Lewat Jalan Raya, Videonya Viral 

TRIBUNNEWS.COM, PANGKALAN BUN – Video viral aksi orangutan berjalan dan naik pagar jalan umum di Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah mendapat banyak komentar di medsos.

Sejumlah anggota berpakai tentara tampak membantu menggiring jalan kepada orangutan yang tersesat dari lingkunganya tersebut.

Ternyata orangutan itu tengah mengungsi karena habitatnya terganggu akibat banjir yang melanda Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah selama dua hari ini. 

Sekarang orangutan tersebut sudah berhasil digiring di hutan terdekat yang kering berkat bantuan anggota TNI yang menggiringnya ke lokasi yang kering.

Dalam video yang tersebar di medsos, seekor Orangutan yang dilihat dari tubuhnya berusia 15 tahun sedang asyik berjalan-jalan di pinggir jalan raya. 

Lokasinya di Jembatan Panjang, Kelurahan Kotawaringin Hilir, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (01/7/2022). 

Tampak Orangutan tersebut berjalan dengan santai, bahkan sempat menaiki besi batas jembatan sambil berjalan saat digiring petugas ke Hutan yang tak mengalami banjir. 

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng, Nur Patria saat dikonfirmasi Tribunkalteng.com menjelaskan jika Orangutan itu ke Jalan Raya karena habitat hutannya banjir tidak ada pohon yang tinggi. 

“Karena 2 hari disana itukan banjir. Hutannya tidak ada pohon-pohon yang tinggi menurut laporannya, sehingga (Orangutan berada dibawah). Karena banjir dia cari tempat yang kering,” ujar Nur Patria. 

Baca juga: Viral Video Orangutan Makan Sampah di Hutan Gunung Leuser, BKSDA Sumut Beri Penjelasan

Lebih lanjut dia membeberkan jika lokasi tersebut berdekatan dengan Hutan Kemasyarakatan Masoraian. 

Tim seksi wilayah 2 Pangkalan Bun yang berada tak jauh di lokasi dengan cepat meluncur untuk menyelamatkan dan menggiring ke hutan terdekat yang masih kering. 

Nur Patria meminta kepada masyarakat jika menjumpai satwa yang dilindungi Orangutan,  hendaknya jangan disakiti atau ditakuti karena dapat memicu kemarahan hewan tersebut. 

“Imbauan kami kalau ada yang seperti itu, segera melaporkan ke BKSDA bisa melalui call center atau langsung ke petugas,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunkalteng.com dengan judul Banjir Kobar Ganggu Habitat Orangutan, Mengungsi Lewat Jalan Raya Video Orangutan Kalteng Viral, 


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!