Aset Tommy Soeharto Dilelang Ulang dengan Diskon, Banting Harga?

Aset Tommy Soeharto Dilelang Ulang dengan Diskon, Banting Harga?

2 menit

Aset Tommy Soeharto yang “segunung” rupanya tak kunjung laku saat dilelang. Melihat hal itu, Satgas BLBI melakukan pelelangan ulang dengan harga diskon. Cek daftar asetnya di sini!

Pemerintah melalui Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) menjual atau memanfaatkan aset milik putra bungsu Presiden Soeharto, Tommy Soeharto usai disita satgas.

Dilansir dari money.kompas.com, pemanfaatan dengan melelang maupun cara lain sesuai aturan perundang-undangan tetap dilakukan meski aset tersebut tiga kali tidak laku dilelang.

“Tommy asetnya ya akan kita monetisasi, tetap akan dimonetisasi. Yang penting kita monetisasi atau itu kita pastikan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan publik,” ujar Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Pria yang akrab disapa Rio ini menyebutkan, pihaknya tengah menggodok opsi-opsi lain, termasuk opsi untuk melaksanakan lelang terpisah.

Pemanfaatan Aset Tommy Soeharto

Dalam tiga lelang sebelumnya, aset eks milik Tommy Soeharto memang dijual dalam satu lelang.

Tak heran, nilai limit lelang mencapai Rp2 triliun dengan besaran uang jaminan tembus ratusan miliar rupiah.

“Kita ada beberapa opsi-opsi lain, opsi-opsi lain itu sedang kita bahas tapi pada dasarnya itu tetap akan dimanfaatkan. Jadi setiap opsi kita lihat. Saya sendiri juga tidak berkeinginan bahwa kita memegang aset terlalu banyak,” tutur Rio.

Menurut Rio, pemanfaatan aset tak hanya berlaku untuk aset eks milik Tommy.

Aset milik obligor lain pun akan dimanfaatkan baik dengan lelang maupun hibah atau cara lainnya.

“Jadi any option kita. Dan itu bukan soal aset Tommy Soeharto, untuk setiap aset. Ingat ya, untuk semua aset yang kita sita, semua opsinya kita lihat,” sebut Rio.

Sebelumnya diberitakan, aset yang disita dari Tommy Soeharto tetap tak laku terjual dalam lelang ketiga.

Hingga satu hari sebelum pelaksanaan lelang, tidak ada satu pun peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminan.

Adapun aset yang dilelang berupa empat aset tanah PT Timor Putera Nasional (TPN).

Jadwal & Diskon Aset Pelelangan

Aset Tommy Soeharto Dilelang Ulang dengan Diskon, Banting Harga?

sumber: cnbcindonesia/Andrean Kristianto

Lelang dilaksanakan melalui www.lelang.go.id yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Juni 2022 oleh DJKN melalui KPKNL Jakarta V.

Dikutip detik.com dari data Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta, nilai limit aset pada lelang ketiga didiskon lagi menjadi Rp2,06 triliun.

Nilai uang jaminan juga berubah. Pada lelang pertama sebesar Rp1 triliun. Lalu turun menjadi pada lelang kedua Rp430 miliar, dan pada lelang ketiga menjadi Rp420 miliar.

Pada pelelang pertama tanggal 12 Januari 2022, nilai limit lelang menembus angka Rp2,45 triliun dengan uang jaminan Rp1 triliun.

Lelang kedua dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) dengan batas akhir penawaran pukul 10.00 WIB (sesuai server).

“Lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan Tidak Ada Peminat (TAP),” kata Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu, Tri Wahyuningsih, yang dikutip dari Kompas.com.

Daftar Aset yang Dilelang Ulang dengan Harga Diskon

tanah terbengkalai

sumber: cnbcindonesia/Andrean Kristianto

Terdapat empat aset milik Tommy yang dilelang, keempatnya berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Pertama, tanah seluas 518.870 meter persegi di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang, dengan SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Kedua, tanah seluas 530.125,526 meter persegi di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang, dengan SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

Ketiga, tanah seluas 100.985,15 meter persegi di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang, dengan SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

Keempat, tanah seluas 98.896,700 meter persegi di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

Selain itu, Tommy Soeharto juga diketahui memiliki perumahan bernama Perum Karawang Baru yang kini kondisinya terbengkalai dan sertifikatnya bermasalah.

***

Itulah aset Tommy Soeharto yang dilelang ulang dengan harga diskon.

Jangan lupa baca artikel terkini lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Sedang mencari perumahan di Grand Al Ihsan Premiere?

Temukan hanya di situs properti 99.co/id dan Rumah123.com, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Artikel ini bersumber dari www.99.co.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!