Travel  

Wisata Susur Sungai Martapura Diminati Saat Ramadhan 2023

Wisata Susur Sungai Martapura Diminati Saat Ramadhan 2023

korannews.com

KOMPAS.com – Jumlah wisatawan yang menjajal aktivitas susur Sungai Martapura di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan naik perahu kelotok mengalami peningkatan hingga 100 persen saat memasuki bulan Ramadhan 2023 .

Pada periode ini, setiap harinya tercatat ada lebih dari 200 wisatawan menyusuri Sungai Martapura.

Jumlah tersebut naik dari periode selain Ramadhan 2023 yang biasanya sebanyak 80-100 orang per hari.

“Pengunjung ramai, satu kelotok bisa menampung sekitar 23 orang, per hari nya bisa beroperasi 10 kelotok lebih dibanding hari biasa hanya beroperasi empat kelotok,” ujar salah seorang anggota Komunitas Kelotok Banjarmasin, Saibani, dikutip dari Antara, Rabu (29/3/2023).

Aktivitas ini, menurut Saibani, diminati karena menawarkan pengalaman menyusuri sungai di sepanjang wilayah Menara Pandang.

Jarak tempuhnya pun bervariasi tergantung permintaan wisatawan.

“Per penumpang kelotok itu tarifnya Rp 10.000, sudah bisa menikmati wisata susur sungai dengan jarak sekitar dua kilometer pulang pergi,” tuturnya.

Adapun Kampung Hijau jadi salah satu daerah tujuan wisata yang kerap dipilih oleh wisatawan. Hal ini karena jaraknya lebih dekat dengan durasi perjalanan kira-kira 25 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!