Travel  

Tiket Kereta Lebaran Sudah Bisa Dibeli, Dianjurkan Lewat Aplikasi

Tiket Kereta Lebaran Sudah Bisa Dibeli, Dianjurkan Lewat Aplikasi

korannews.com – Tiket mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan H-10 pada momen lebaran 1444 H sudah dapat dipesan per hari ini, Minggu (26/2/2023).

Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Untuk lebih memudahkan proses transaksi, masyarakat disarankan melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access,” ujar Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Minggu (26/2/2023).

Ia juga mengingatkan kepada calon penumpang agar selalu teliti dalam memilih tanggal dan rute, serta melakukan pemeriksaan kembali pada proses pengisian data diri saat melakukan pemesanan tiket.

“Calon pengguna juga kami imbau agar memperhatikan kembali syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan transaksi tiket KAJJ,” imbuhnya.

Dijual H-45 sebelum Lebaran

Khusus penjualan tiket Angkutan Lebaran kali ini, KAI (Persero) menerapkan kebijakan pembelian tiket dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45).

Mulai hari ini, Minggu (26/2/2023), masyarakat sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

“Untuk jadwal berangkat 12 April 2023 atau H-10 lebaran dan seterusnya, sesuai kebijakan pemesanan tiket yang sudah dapat dipesan mulai H-45,” ujar Eva.

Sebelumnya, kata dia, di luar masa Angkutan Lebaran, penjualan tiket KA Jarak Jauh baru dapat dilakukan mulai 30 hari sebelum jadwal keberangkatan (H-30).

Sehingga, dengan kebijakan pemesanan H-45 diharapkan masyarakat dapat lebih leluasa merencanakan perjalanan pada momen arus mudik lebaran.

Ada 30.000 penumpang per hari

Sampai dengan saat ini, kata Eva, terdapat sekitar 30.000 pengguna jasa KA Jarak Jauh per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

“Dengan total rata-rata perjalanan 60 KA per hari yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen,” ungkap Eva.

Jumlah tersebut dikatakan masih akan mengalami perubahan, dengan adanya program pemberangkatan KA tambahan yang biasanya dijalankan pada masa angkutan lebaran.

Lebih lanjut, katanya, Daop 1 Jakarta akan melakukan sosialisasi kembali terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa Angkutan Lebaran.

“Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui Aplikasi KAI Access,” tutur Eva.

View this post on Instagram

Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini, ia menyebut KAI akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

Seperti melalukan inspeksi keselamatan dan penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM), serta menyiapkan para petugas KAI agar dapat memberikan layanan KA yang selamat, aman, nyaman, dan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!