Travel  

[POPULER TRAVEL] Erupsi Gunung Semeru | Alun-alun Bandungan

[POPULER TRAVEL] Erupsi Gunung Semeru | Alun-alun Bandungan

korannews.com – Sejumlah peristiwa di Indonesia menjadi perhatian pembaca kanal Travel di Kompas.com, khususnya selama periode dari hari Minggu (4/12/2022) hingga Rabu (7/12/2022).

Setelah pertengahan November 2022 lalu terjadi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, tidak lama setelahnya tepatnya pada Minggu (4/12/2022) terjadi erupsi awan panas guguran di Gunung Semeru. Artikel soal dampak erupsi tersebut pun menjadi populer di kalangan pembaca.

Selain peristiwa bencana alam, pembaca kanal Travel juga meminati topik seputar pembukaan tempat wisata baru dan pengalaman berkendara ke kawasan Sarangan di Magetan, Jawa Timur.

Berita populer di kanal Travel Kompas.com

1. Dampak erupsi Gunung Semeru terhadap tempat wisata

Pada Minggu (4/12/2022), Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi awan panas guguran yang meluncur hingga ke Jembatan Gladak Perak di Kecamatan Candipuro.

Salah satu tempat wisata yang aman dari erupsi tersebut adalah Desa Wisata Ranu Pani yang berada di sebelah utara Gunung Semeru. Desa ini juga menjadi salah satu gerbang pendakian ke Gunung Semeru.

2. Pengalaman berkendara di Sarangan, Magetan

Wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, diimbau untuk berhati-hati terutama bila mengendarai moda transportasi darat, salah satunya bus.

Hal ini karena jalan yang ada terdiri dari tanjakan dan turunan sehingga pengemudi wajib memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, khususnya terkait rem.

3. Alun-alun Bandungan sudah dibuka

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bandungan atau Alun-alun Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sudah dibuka.

Area ini berisi tanaman yang bisa dinikmati pengunjung. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini adalah menikmati suasana dan berfoto.

4. Lotte Alley , tempat nongkrong baru di Jakarta Selatan

Lotte Alley menjadi salah satu tempat nongkrong baru bernuansa Korea dan Jepang di Jakarta Selatan. Lokasinya di Lantai LG Lotte Shopping Avenue di Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pengunjung bisa melakukan beragam kegiatan, di antaranya berfoto-foto, berwisata kuliner, belanja pakaian, dan bermain games.

5. Syarat naik pesawat untuk Nataru

Selain kereta api, moda transportasi lainnya yang kerap dipilih untuk bepergian adalah pesawat udara. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk memeriksa kembali syarat naik pesawat bila ingin berlibur pada periode Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru).

Adapun syarat naik pesawat yang masih berlaku mengacu terhadap Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 82 Tahun 2022 yang diterapkan mulai Senin (29/8/2022). Salah satu ketentuannya adalah terkait hasil negatif tes PCR atau antigen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!