Travel  

Liburan ke Ceko Tak Cuma Ada Praha, Bisa Juga Mampir 6 Kota Ini

Liburan ke Ceko Tak Cuma Ada Praha, Bisa Juga Mampir 6 Kota Ini

korannews.com – Bicara soal Ceko di Eropa Timur, tempat pertama yang terlintas di kepala banyak orang pastilah ibu kota Praha.

Dikenal dengan bangunan-bangunan kuno dan kastil indahnya, Praha memang memiliki sejumlah destinasi populer untuk dikunjungi, seperti Old Town Square, Prague Castle, dan Charles Bridge.

Namun, jika punya kesempatan berpelesir ke sana, sayang untuk melewatkan mampir ke kota-kota lain di Ceko yang tak kalah mengagumkan.

“Secara umum, masih banyak yang bisa ditemukan di Ceko, selain Praha,” kata Direktur Czech Tourist Authority Regional China dan Asia Tenggara, Lukas Pokorny dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Berikut beberapa kota di Ceko yang juga bisa dikunjungi saat berlibur ke Benua Biru, seperti dikutip langsung dari kumpulan informasi Czech Tourist Authority.

Rekomendasi kota di Ceko untuk berlibur

1. Praha

Praha memang menjadi “top of mind” para pelancong ketika singgah di Ceko. Kota dengan ratusan menara serta jalan-jalan misterius bak labirin menyimpan daya tarik tersendiri.

Kota ini juga menjadi tempat singgah Presiden Republik Ceko .

Jika mampir ke Praha, beberapa destinasi populer yang bisa disinggahi seperti Kastil Praha, Vysehrad, Jembatan Charles, Old Town Square, dan Palace Garden.

2. Cesky Krumlov

Berjarak sekitar 173 kilometer atau 3 jam 40 menit perjalanan kereta dari Praha, Cesky Krumlov juga bisa menjadi pilihan saat berada di Ceko.

Ini merupakan salah satu kota bersejarah di Ceko, dengan situs-situs warisan budaya dan alam dunia UNESCO berada di dalamnya.

Salah satu spot wajib yang dapat dikunjungi adalah Castle Museum atau Museum Kastil. Di sana terdapat pameran imajinatif termasuk model-model kastil abad ke-16, presentasi kehidupan masa lampau, serta bioskop. Museum ini buka sepanjang tahun.

3. Karlovy Vary

Pencinta spa dan ketenangan bisa mempertimbangkan mampir ke Karlovy Vary saat berada di Ceko.

Kota ini memiliki 12 sumber mata air penyembuhan dan sumber mata air dengan pancaran setinggi 15 meter yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain kenyamanan berendam air panas, wisatawan juga bisa menemukan bangunan-bangunan dengan fasad-fasad indah dan tiang tinggi, serta pesona lembah Sungai Tepla.

4. Olomouc

Mampir ke kota kuno Olomouc di Distrik Hana juga bisa menjadi alternatif saat singgah di Ceko.

Olomouc penug dengan landmark bersejarah seperti katedral, gereja mungil yang cantik, serta biara-biara monumental.

Senang kulineran? Distrik Hana tidak cuma dikenal karena iklim yang bersahabat, tetapi juga produk makanan terpopulernya, yaitu keju olomoucke tvaruzky.

Keju rendah lemak dan punya aroma khas ini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk olahan di sejumlah restoran.

5. Brno

Kota terbesar kedua di Republik Ceko ini berdiri di atas dataran rendah subur di Moravia Selatan.

Di sini, wisatawan tak bakal tersesat atau hilang. Terlepas dari ukurannya, kota ini cenderung intim dan bersahabat.

Salah satu destinasi menarik di sini termasuk Villa Tugendhat karya arsitek Ludwig Mies van der Rohe.

Vila yang berdiri pada 1930 dan dianggap sebagai contoh arsitektur modern ini telah dilindungi UNESCO dan disebut sebagai salah satu gedung fungsional paling penting di dunia.

Gedung menarik lainnya untuk dikunjungi di Brno adalah Valtice Chateau dan Lednice Chateau.

6. Kutna Hora

Lokasinya hanya sekitar 84 kilometer dari Praha atau 1 jam 30 menit saja jika dicapai menggunakan kereta.

Kota di timur Praha ini menyimpan sejarah pertambangan perak dan kita bisa melihatnya dengan mengunjungi Museum Perak.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan bangunan berarsitektur gotik dan barok.

Mampir ke Kutna Hora belum lengkap jika tak menyempatkan singgah di salah satu gereja gotik terindah di Eropa, Gereja St Barbara.

Ada pula Katedral Ascension of Our Lady and St John the Baptist, yang termasuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO.

Jika melakukan tur ke kota, jangan juga lewatkan untuk mampir ke Stone Fountain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version