Travel  

Hari Pertama Lebaran Betawi 2023, Monas Bertabur Kesenian Khas Betawi

Hari Pertama Lebaran Betawi 2023, Monas Bertabur Kesenian Khas Betawi

korannews.com – Ribuan warga Jakarta dan sekitarnya memadati kawasan Monas , Jakarta Pusat, pada hari pertama acara Lebaran Betawi 2023.

Ketua Panitia Lebaran Betawi Becky Mardani menuturkan, minat warga Jakarta menghadiri acara ini cukup tinggi. Hal itu tampak dari jumlah kunjungan yang mencapai 10.000 pengunjung sejak pagi (20/5/2023) tadi.

“Dari pagi ramai sekali, luar biasa antusiasnya, kalau dilihat dari pagi lebih dari 10.000 pengunjung, belum lagi besok saat acara puncak,” ucap Becky saat ditemui Kompas.com di Monas, Sabtu (20/5/2023).

Tidak lupa, ia juga mengajak warga Jakarta untuk datang meramaikan acara ini, sebab Lebaran Betawi 2023 di Monas masih berlangsung hingga Minggu (21/5/2023). Semua masyarakat bisa datang secara gratis tanpa persyaratan apa pun.

“Gratis. Besok acaranya mulai dari jam tujuh pagi,” ucapnya lagi.

Bertabur kesenian khas Betawi

Saat Kompas.com tiba di lokasi, para warga tampak antusias menyaksikan berbagai penampilan budaya dan kesenian khas Betawi.

Seperti ondel-ondel, lantunan lagu-lagu Betawi yang dibawakan para personel band Betawi, pertunjukan keroncong, penampilan Gambang Kromong hingga parade Bedug turut meramaikan Lebaran Betawi tahun ini.

Menurut mereka, ini merupakan acara yang penting sebab jadi ajang silaturahmi sesama warga Betawi di Jakarta dan sekitarnya.

Seperti dikatakan Erna, dirinya jauh-jauh datang dari Bekasi, begitu mengetahui Lebaran Betawi kembali dilangsungkan setelah sempat berhenti tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

“Senang banget karena kita orang Betawi ya, ini ciri khas kita, tidak boleh dilupakan,” ucap dia.

Hal senada juga diungkapkan Ayu, yang datang dari Jakarta Timur bersama dua orang anaknya, untuk melihat pertunjukan budaya khas Betawi di sini.

“Kita tahu ada acara ini karena banyak yang share. Seru sih, penting juga, jadi di luar suku Betawi bisa kenal kebudayaan Betawi,” kata Ayu.

Exit mobile version