Travel  

Desa Golo Loni dan Colol di NTT Masuk 500 Besar ADWI 2023

Desa Golo Loni dan Colol di NTT Masuk 500 Besar ADWI 2023

korannews.com – Desa Wisata Golo Loni dan Desa Wisata Colol di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam daftar 500 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI.

Ajang ini diikuti oleh 4.537 desa wisata di seluruh Indonesia dengan daya tariknya masing-masing.

Kabupaten Manggarai Timur pada awalnya mendaftarkan sembilan desa wisata.

“Desa Wisata Golo Loni Dan Desa Wisata Colol juga telah ditetapkan Person In Charge (PIC) Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kabupaten Manggarai Timur,” kata Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin kepada Kompas.com, Sabtu, (18/3/2023).

Adapun pada ajang ADWI 2023 , kategori penilaiannya terdiri dari lima aspek, yakni daya tarik pengunjung, homestay, kelembagaan, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability), dan suvenir.

Kabupaten Manggarai Timur berharap dua desa wisata yang mewakilinya dapat terpilih dalam seleksi 100 besar dan 75 besar ADWI 2023.

Adapun desa wisata yang masuk ke dalam daftar 75 besar ADWI 2023 memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur berharap Desa Wisata Golo Loni dan Desa Wisata Colol bisa masuk 100 besar dan 75 besar pada AWDI 2023 ini,” harapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version