Travel  

Carousell Pangkas 10 Persen Total Karyawannya, Termasuk 50-an Posisi di Singapura

Carousell Pangkas 10 Persen Total Karyawannya, Termasuk 50-an Posisi di Singapura

korannews.com – Pasar online rumahan Carousell memangkas 110 pekerjaan pada Kamis lalu, atau 10 persen dari total jumlah karyawan perusahaan itu sebagai bagian dari upaya untuk mengendalikan biaya di tengah prospek pertumbuhan yang redup.

“Hanya beberapa unit bisnis yang akan terpengaruh,” kata salah satu Pendiri dan Kepala Eksekutif Carousell , Quek Siu Rui pada Kamis lalu, dalam email yang dikirimkan ke semua karyawan dan diunggah di portal media grup tersebut.

Kendati demikian, ia tidak merinci unit yang terdampak atau jumlah pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Singapura .

Namun, Juru bicara perusahaan mengatakan kepada The Straits Times bahwa sekitar 50 posisi yang terkena dampak berbasis di Singapura .

Dikutip dari laman The Straits Times, Sabtu (3/12/2022), pemangkasan yang tersisa ini tersebar di tujuh pasar regional lainnya, di mana perusahaan tersebut hadir, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Seorang sumber mengatakan bahwa pemangkasan tersebut terjadi pada beberapa unit di Singapura , termasuk Performance Marketing.

“Mereka yang terkena dampak diberitahu melalui email yang berisi undangan untuk bertemu dengan pemimpin tim dan mitra bisnis Sumber Daya Manusia (SDM). Saya sangat menyesal atas hasil ini dan saya bertanggung jawab atas keputusan yang membawa kami ke sini,” kata Quek.

Semua karyawan tetap yang terkena dampak akan dibayar minimal gaji tiga bulan, menerima uang tunai sebagai pengganti sisa waktu cuti mereka dan tunjangan kesehatan diperpanjang hingga 30 Juni 2023.

Mereka yang memiliki masa kerja antara enam bulan hingga satu tahun, dan yang memegang opsi saham karyawan, akan mendapatkan percepatan vesting untuk 25 persen saham mereka.

Quek juga mengatakan perusahaan akan mengadakan pertemuan tentang penyempurnaan strateginya, dibangun berdasarkan apa yang telah dipelajari dari apa yang terjadi saat ini.

Perusahaan itu semangat untuk menyalakan kembali pertumbuhan dalam bisnis baris intinya setelah sistem penguncian (lockdown) virus corona (Covid-19) mereda.

Serta meningkatkan inisiatif baru untuk membuat transaksi lebih nyaman dan tepercaya

“Perusahaan menciptakan lebih banyak tim dan mempekerjakan karyawan baru. Melihat ke belakang, saya telah membuat kesalahan kritis berikut. Pertama, saya terlalu optimis tentang kecepatan dampak kami versus peningkatan investasi kami,” papar Quek.

Kenyataannya, kata dia, adalah pihaknya secara cepat meningkatkan pengeluaran dan perekrutan.

Namun pengembaliannya membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

“Kedua, meskipun mudah untuk menyalahkan kondisi pasar, saya juga meremehkan dampak pertumbuhan ukuran tim kami terlalu cepat, tim yang lebih besar menyebabkan kurangnya kejelasan dalam pengambilan keputusan dan koordinasi tambahan yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu,” tegas Quek.

Ia juga menyampaikan bahwa inflasi yang tinggi, risiko geopolitik, dan gangguan rantai pasokan terus menantang ekonomi global dan meredam ekspektasi pertumbuhan, dengan perlambatan berbasis luas diperkirakan terjadi pada 2023.

Dirinya kemudian menekankan bahwa para pemimpin di perusahaan, termasuk dirinya sendiri, telah menghabiskan beberapa bulan terakhir untuk menemukan formula memangkas biaya sebanyak mungkin tanpa mempengaruhi pekerja.

Mulai dari pindah ke kantor dengan biaya sewa yang jauh lebih rendah dan pemangkasan gaji secara sukarela.

“Namun, langkah itu ‘jauh dari kata cukup’, karena kami tidak tahu kapan kondisi pasar akan membaik, sebaiknya kami meraih profitabilitas sebagai grup secepat mungkin, untuk menguasai takdir kami dan membangun perusahaan yang bertahan lama,” tutur Quek.

Menurutnya, penting untuk bertindak cepat, tepat arah, dan menyesuaikan tingkat investasi agar lebih selaras dengan realitas baru ini.

Dalam sebuah pernyataan, Creative Media and Publishing Union (CMPU), yang mewakili karyawan e-commerce di Singapura , mengatakan sedang bekerja sama dengan Carousell untuk memastikan bahwa upaya penghematan itu adil, transparan dan bertanggung jawab.

CMPU yang berafiliasi dengan National Trades Union Congress, menambahkan bahwa Carousell dan lembaga itu bekerja sama dengan Institut Ketenagakerjaan dan Ketenagakerjaan NTUC untuk memberikan bantuan ketenagakerjaan, termasuk pelatihan karir dan layanan pencocokan pekerjaan untuk karyawan yang terdampak.

“Serikat berdiri dalam solidaritas dengan karyawan yang terkena dampak dan prioritas utamanya adalah terus bekerja sama dengan Carousell untuk memastikan bahwa para pekerja ini menerima bantuan dan dukungan yang diperlukan,” kata CMPU.

PHK di Carousell mengikuti serentetan PHK profil tinggi di perusahaan teknologi besar, termasuk Sea’s Shopee, Meta, dan Stripe, karena prospek ekonomi global semakin gelap sejak rencana ekspansi dijalankan.

Grup Carousell mencapai status unicorn setelah mengumpulkan 100 juta dolar Amerika Serikat (AS) dengan valuasi 1,1 miliar dolar AS pada September 2021.

Publikasi teknologi online Tech in Asia melaporkan pada Kamis lalu bahwa Carousell melihat pendapatan tiga kali lipat pada 2020, namun pertumbuhan melambat tahun lalu menjadi 21,8 persen, dengan omset sebesar 49,5 juta dolar AS.

Namun, perusahaan swasta itu mempersempit kerugian sebelum pajak sebesar 33,5 persen menjadi 43,9 juta dolar AS karena memangkas biaya sebesar 14,4 persen menjadi 95,4 juta dolar AS.

4 Negara Asia Tenggara Kompak Daftarkan Kebaya ke UNESCO, Indonesia Tak Diajak?

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

error: Content is protected !!