korannews.com – Singapore Arrival Card (SG Arrival Card) menjadi salah satu syarat masuk ke Singapura, termasuk untuk berwisata. Calon pelaku perjalanan wajib submit (menyerahkan) SG Arrival Card sejak tiga hari sebelum keberangkatan.

SG Arrival Card adalah kartu debarkasi atau kartu embarkasi versi elektronik, yang harus diserahkan pelaku perjalanan asing saat kedatangan di Singapura untuk pengurusan imigrasi.

Dikutip dari laman , persyaratan ini merupakan bagian dari upaya pengendalian di perbatasan ICA dalam menghadapi Covid-19.

Namun, harap hati-hati, calon pelaku perjalanan yang mengisi keterangan palsu dalam SG Arrival Card dapat dituntut dengan Undang Undang (UU) Penyakit Menular.

Ketentuan sebelum mengisi SG Arrival Card

Ada beberapa aturan sebelum mengisi SG Arrival Card.

SG Arrival Card boleh diserahkan dalam waktu tiga hari sebelum tanggal kedatangan di Singapura.

Misalnya, pelancong yang tiba di Singapura pada 30 Juni 2020, hanya dapat mengirimkan deklarasi mulai 28 Juni 2020 dan seterusnya.

Sebelum datang ke Singapura pada tanggal 8 September 2022, Kompas.com pun sudah berhasil menyerahkan SG Arrival Card pada tanggal 7 September 2022.

Setelah mengisi beberapa kolom yang tersedia, kirim SG Arrival Card melalui https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard/ atau melalui aplikasi seluler resmi MyICA Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari App Store (iOS) atau Google Play (Android).

“Waspadalah terhadap situs phishing potensial jika Anda memilih mengirimkan SG Arrival Card melalui saluran tidak resmi. Pengajuan melalui e-Service Kartu Kedatangan SG resmi tidak dikenakan biaya,” sebut ICA.

Sebelum menyerahkan, pastikan kamu menyiapkan paspor, hotel/tempat tinggal di Singapura, dan kode penerbangan atau kode transportasi sesuai moda yang dipilih.

Cara isi dan submit SG Arrival Card

Berikut panduan untuk mengisi SG Arrival Card:

  • Unduh aplikasi MyICA Mobile atau buka situs https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard.
  • Pilih opsi Foreign Visitors (including In-Principle Approval (IPA) Holders, jika kamu pengunjung dan bukan warga Singapura, penduduk permanen, atau pemegang izin tinggal jangka panjang.
  • Pilih Individual Submission jika kamu hanya submit dirimu sendiri, dan pilih Group Submission jika kamu pergi bersama keluarga atau kelompok.
  • Isi kolom-kolom yang tersedia
    • Bagian I: Informasi pribadi
      • Isi nama, nomor paspor, tanggal lahir, kewarganegaraan, jenis kelamin, masa berlaku paspor, tempat tinggal, tempat lahir, alamat email, serta kode nomor telepon dan nomor telepon. Jika sudah selesai, klik “Confirm”.
    • Bagian II: Informasi perjalanan
      • Isi tanggal kedatangan ke Singapura, jenis moda transportasi, mode transportasi (komersial/privat atau kargo), tipe akomodasi selama di Singapura (hotel/rumah/lainnya), tanggal berangkat dari Singapura, dan beberapa pertanyaan tentang kesehatan.
  • Unggah sertifikat vaksin sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), klik “Confirm”.
  • Lihat preview, lalu submit jika sudah sesuai dengan data diri dan detail perjalananmu.
  • Setelah diserahkan, unduh dokumen SG Arrival Card milikmu.