Travel  

5 Tips Wisata ke Menara Pandang Saujana TMII, Datang Sore Hari

5 Tips Wisata ke Menara Pandang Saujana TMII, Datang Sore Hari

korannews.com – Menara Pandang Saujana merupakan salah satu tempat wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, yang dapat dikunjungi masyarakat secara gratis.

“Bisa langsung naik ke atas menara, di sana sepi juga karena jarang dikunjungi,” kata Humas TMII Redy kepada Kompas.com, Jumat (17/3/2023).

Lokasi Menara Pandang Saujana TMII berada di tepi Danau Archipelago. Saat naik ke puncak menara, wisatawan akan melihat pemandangan danau dari ketinggian.

Jika berminat datang ke tempat ini, simak tips naik menara pandang TMII berikut.

Tips wisata ke Menara Pandang Saujana TMII

1. Datang saat sore hari

Pemandangan paling bagus bisa dinikmati dari atas menara bila wisatawan berkunjung dari sore hari hingga malam hari.

Saat sore, cahaya matahari mulai bergerak ke ufuk barat. Pada waktu ini kamu bisa mendapatkan momen golden hour untuk berfoto.

Tidak hanya itu, menjelang malam lampu taman dan lampu di Danau Archipelago akan dinyalakan sehingga kamu bisa melihat pemandangan malam miniatur pulau-pulau di Indonesia di danau tersebut.

Namun, perlu diingat, wisatawan hanya boleh berkeliling di kawasan TMII sampai pukul 20.00 WIB. Jadi pastikan kamu sudah turun dari menara pandang sebelum gerbang TMII ditutup.

2. Naik tangga

YouTube video player

Menara pandang di TMII terdiri dari enam lantai dan puncak menara bisa diakses melalui tangga dan lift.

Jika kamu mampu, disarankan untuk naik tangga hingga ke puncak.

Aktivitas tersebut akan menguras tenaga, tetapi usaha naik tangga akan terbayarkan dengan pemandangan yang terlihat di setiap lantai.

3. Bawa kamera yang memadai

Dari atas puncak menara pandang, kamu bisa berfoto untuk mengabadikan momen. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera yang memadai supaya mendapatkan hasil foto terbaik.

Tidak perlu membawa kamera profesional, cukup mengandalkan kamera ponsel dan mengatur posisi pengambilan gambar serta tingkat keterangan kamera.

4. Pakai tabir surya

Jika berkunjung ke menara pandang TMII pada siang hari, sebaiknya pakailah tabir surya terlebih dahulu agar kulit terlindungi dari sinar UV.

Dari atas menara, matahari terasa lebih terik dibanding dari bawah menara sehingga potensi kulit terpapar sinar tersebut pun akan lebih besar.

5. Bawa properti foto

Guna mendapatkan hasil foto yang oke, kamu juga bisa membawa properti foto, misalnya kacamata hitam.

Selain untuk aksesori, kacamata hitam juga berfungsi melindungi mata dari silaunya cahaya matahari.

Pengunjung dianjurkan berhati-hati jika memakai topi saat berada di puncak menara karena tiupan angin di lokasi tersebut terbilang cukup kuat, bahkan bisa menerbangkan topi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version