Travel  

4 Wisata Favorit di Gorontalo, Ada Terumbu Karang Bentuk Kepala Manusia

4 Wisata Favorit di Gorontalo, Ada Terumbu Karang Bentuk Kepala Manusia

korannews.com – – Gorontalo merupakan provinsi di bagian utara Pulau Sulawesi yang sebagian besar wilayahnya dikeliling oleh lautan. Oleh karena itu, tidak jarang wisata di Gorontalo lebih didominasi wisata bahari.

Wisatawan yang ingin datang berkunjung ke Gorontalo tidak perlu khawatir dengan akses transportasi. Akses ke sana cukup memadai.

“Akses akomodasi dan transportasi bagus, seperti dari Jakarta ada penerbangan langsung ke Gorontalo,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer kepada Kompas.com saat program Nusaraya di gedung Kompas Gramedia, Jumat (24/2/2023).

Wisata Favorit di Gorontalo

Untuk wisatawan yang sebelumnya belum pernah datang ke Gorontalo, Hamka memberikan beberapa rekomendasi wisata favorit di Gorontal yang bisa dicoba.

1. Pulau Cinta

Pulau Cinta berlokasi di Teluk Tomini, Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Sulawesi Utara.

Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit naik kendaraan bermotor.

Dikutip dari laman (23/3/2022), wisata Pulau Cinta kerap disebut sebagai “Maldives Indonesia” karena keindahannya.

Seperti namanya, susunan penginapan yang ada di pulau tersebut terhubung satu sama lain membentuk gambar hati.

Tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata untuk mereka yang hendak berbulan madu.

2. Wisata kuliner laut

Hamka mengatakan wisata kuliner hasil laut di Gorontalo wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung.

“Kami punya ikan yang (rasa dagingnya) manis sekali,” katanya.

Wisata kuliner hasil laut di Gorontalo tidak hanya bisa ditemui di daerah pesisir pantai semata, tetapi juga bisa ditemukan di pusat Kota Gorontalo.

Salah satu olahan hasil laut Gorontalo yang cukup terkenal yaitu olahan daging ikan tuna. Wisatawan bisa menemukannya di banyak tempat.

3. Berenang dengan hiu paus

Hiu paus biasanya dapat dilihat di tengah laut dari kejauhan. Akan tetapi di Gorontalo, wisatawan bisa melihat secara dekat, bahkan bisa menyentuh dan berenang bersama hiu paus.

“Kita bisa berenang di tengah hiu paus. Tidak apa-apa, dia enggak makan (orang yang berenang di sana), tidak menyerang, dan tidak berbahaya,” kata Hamka.

Bahkan, saat wisatawan berada di atas perahu, wisatawan dapat memberi makan hiu paus berupa udang, sembari memegang bagian tubuh hiu paus.

4. Melihat terumbu karang bentuk kepala manusia

Hamka mengatakan bahwa terumbu karang yang ada di lautan Gorontalo bentuknya lebih besar dibanding terumbu karang yang ada di lautan Indonesia.

“Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sempat diving di situ (pantai di Gorontalo). Kata dia setelah diving ke beberapa tempat, menurutnya ini terumbu karang yang terbesar,” terang Hamka.

Uniknya, sambung Hamka, di Gorontalo terdapat terumbu karang yang bentuknya serupa kepala manusia, yaitu terumbu karang Salvador Dali.

Penyebutan nama Salvador Dali ini disematkan karena bentuk terumbu karang tersebut menyerupai salah satu lukisan karya Salvador Dali bernama L’Enigma del Desiderio.

“Kalau Salvador Dali itu melukis abstrak yang bentuk lukisannya seperti kepala manusia, sementara kalau ini terumbu karang yang serupa dengan karya Salvador Dali,” kata Hamka.

Hamka mengatakan, salah satu tantangan dalam pengelolaan wisata laut di Gorontalo yaitu menjaga agar terumbu karang tetap lestari.

“Kita melakukan pengayaan kepada masyarakat di bibir pantai supaya tidak merusak terumbu karang karena satu sentimeter terumbu karang tersebut tumbuhnya bisa lima tahun,” pungkas Hamka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version