Travel  

4 Aktivitas di Pantai Karang Tirta Pangandaran, Bisa Santai Lihat Sunset

4 Aktivitas di Pantai Karang Tirta Pangandaran, Bisa Santai Lihat Sunset

korannews.com – Kawasan Pangandaran di Jawa Barat memiliki deretan destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya seperti Pantai Karang Tirta dan obyek wisata Tanjung Cemara Karang Tirta yang berada di satu kawasan. Tepatnya di Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jaraknya dari jalan utama atau pintu masuk kawasan Pantai Batu Hiu hanya sekitar 1 kilometer (km), dengan akses jalan yang sudah bagus.

“Di sini juga bisa dapat beberapa obyek, ada pantai, hutan bakau, laguna, wisata muara,” ujar petugas retribusi Pantai Batu Hiu bernama Jeni, yang menemani Kompas.com berkeliling, Kamis (13/4/2023).

Ia mengatakan, kawasan Tanjung Cemara Karang Tirta buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Adapun untuk pengunjung yang ingin berkemah aksesnya bisa 24 jam.

Aktivitas di Pantai Karang Tirta

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di obyek wisata Tanjung Cemara Karang Tirta , seperti dihimpun oleh Kompas.com.

1. Piknik dan menikmati pemandangan pantai

Meski tidak boleh berenang, wisatawan bisa piknik dan duduk-duduk santai sambil menikmati suasana perairan Karang Tirta dari pinggir pantai.

Dari pantauan Kompas.com, ada sejumlah saung, gazebo, dan ayunan ataupun kursi kayu untuk duduk-duduk santai, dengan pemandangan ke arah pantai.

Menurut Jeni, banyak pengunjung yang datang untuk sekedar piknik dan jalan-jalan santai menikmati pemandangan.

“Biasanya sih orang-orang ke sini datang bawa bekal sendiri ya. Ada warung tapi agak jauh dari sini, di ujung,” kata Jeni.

2. Berkemah dan lihat sunset

Bagi wisatawan yang ingin merasakan bermalam di pinggir pantai, destinasi wisata ini juga menyediakan tempat bagi wisatawan untuk berkemah.

“Kalau hari biasa banyak yang camping (kemah) di sini, penuh orang-orang, lihat sunset (matahari terbenam) dan sunrise (matahari terbit),” tutur Jeni.

Pengunjung yang mau berkemah bisa memilih beberapa spot yang luas dan nyaman. Seperti di area muara Karang Tirta, di dekat laguna, di depan hutan bakau, ataupun agak ke pinggir pantai selama ombak masih tenang.

Dari pantauan Kompas.com, tidak ada penjual ataupun pedagang yang terlihat menyewakan tenda dan alat kemah. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin berkemah bisa membawa sendiri semua perlengkapan yang dibutuhkan.

3. Memancing ikan dan naik perahu

Pada kawasan laguna dan hutan bakau, terdapat spesies udang dan ikan yang bisa dipancing oleh pengunjung.

Saat Kompas.com berkunjung, Kamis (13/4/2023), beberapa bapak-bapak juga terlihat berjalan ke area tambak lalu bersiap memancing di sana.

Pada hamparan laguna di Karang Tirta, pengunjung juga bisa menaiki perahu untuk mengarungi laguna tersebut.

4. Outbound

Jeni mengatakan, selain menikmati pantai dan berkemah, pengunjung juga bisa menikmati fying fox dan permainan outbound lainnya.

“Untuk bisa menikmati permainan flying fox, harganya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak,” kata dia.

Selain flying fox yang tidak terlalu tinggi, ada juga wahana permainan lain untuk menguji ketangkasan dan keberanian yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Exit mobile version