Travel  

3 Situs Masuk Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO

3 Situs Masuk Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO

korannews.com – Tiga situs di Ukraina, Lebanon, dan Yaman masuk Daftar Warisan Dunia (World Heritage List), sekaligus Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah (List of World Heritage in Danger) UNESCO , Rabu (25/1/2023).

Tiga situs tersebut tepatnya Historic Center of Odesa (Pusat Sejarah Odesa) di Ukraina, Landmarks of Ancient Kingdom of Saba (reruntuhan Kerajaan Saba Kuno) di Yaman, dan Rachid Karameh International Fair of Tripoli di Lebanon.

“Odesa, kota yang bebas, kota dunia, pelabuhan legendaris yang telah meninggalkan jejaknya di film, sastra, dan seni,” tutur Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, dikutip dari CNN, Kamis (26/1/2023).

Ia berharap agar masuknya Odesa ke dalam daftar tersebut bisa melindunginya dari perang antara Rusia dan Ukraina. Perang tersebut, lanjutnya, memunculkan tekad kolektif untuk melindungi kota tersebut.

Masuknya kota pelabuhan itu ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sekaligus menandakan bantuan teknis dan keuangan bagi Ukraina untuk melindungi dan merehabilitasi pusat kota.

Alasan masuk daftar terancam punah

Kerajaan Saba Kuno di Ma’rib, Yaman, mencakup tujuh situs arkeologi yang menunjukkan pencapaian dari sisi arsitektur, estetika, dan teknologi.

Situs itu ditambahkan ke dalam daftar terancam punah akibat konflik internal di negara tersebut.

Sementara itu, Rachid Karameh International Fair of Tripoli di Lebanon yang dirancang pada tahun 1962 oleh arsitek Brasil, Oscar Niemeyer, masuk dalam daftar terancam punah karena keadaan konservasi yang mengkhawatirkan.

Keadaan tersebut ditambah dengan sumber dana untuk pemeliharaan.

Adapun Odesa, dilansir dari laman resmi UNESCO, masuk dalam daftar terancam punah karena adanya konflik antara Ukraina dan Rusia.

Alasan UNESCO Menetapkan Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version