korannews.com – Kota Padang di Sumatera Barat memiliki banyak tempat wisata pantai di sekitarnya.

Beberapa pantai di Padang masih asri dan belum banyak dikunjungi, sehingga cocok untuk dikunjungi saat ingin menenangkan diri.

Kompas.com menyusun sejumlah tempat wisata pantai di Padang yang dapat dikunjungi saat liburan atau sekadar ingin mengisi waktu senggang.

Wisata pantai di Padang

1. Pantai Pasir Jambak

Menyusuri bibir Pantai Pasir Jambak bisa jadi momen yang menenangkan sekaligus menggembirakan. Apalagi, jika dilakukan dekat dengan waktu matahari terbenam alias sunset.

Dikutip , kamu juga bisa datang menggunakan sepeda, kemudian menyusuri pinggir pantai sambil menaikinya sebab Pantai Pasir Jambak punya konktur yang relatif datar.

2. Pantai Nirwana

Pilihan tempat wisata pantai di Padang lainnya adalah Pantai Nirwana. Lokasinya ada di Jalan Raya Padang–Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan.

Jika kamu mendambakan momen rileks di pinggir pantai sambil duduk di bawah pohon kelapa rindang dan melihat matahari terbenam, mampirlah ke pantai ini.

Dikutip Kompas.com, saat berkunjung ke sana, kamu akan menemukan hamparan pasir putih dengan beberapa batu karang dan koral-koral kecil di antaranya yang memberi daya tarik tersendiri.

3. Pantai Pasumpahan

Lokasi destinasi wisata Padang ini ada di Pulau Pasumpahan, tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Destinasi ini juga patut dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata di Padang yang bisa dikunjungi.

Untuk mencapainya, kamu bisa menyewa speed boat dari Teluk Bungus.

Pantai Pasumpahan memiliki hamparan pasir putih yang indah berpadu dengan perbukitan dan pohon rindang yang mengelilinginya.

Airnya yang relatif masih jernih juga memungkinkan kita melihat terumbu-terumbu karang yang masih cukup terpelihara.

3. Pantai Air Manis

Cerita Malim Kundang dari Sumatera Barat yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena durhaka begitu populer di tanah air.

Kamu bisa berkunjung melihat batu Malin Kinrang di Pantai air Manis yang berlokasi di Kecamatan Padang Selatan.

Dikutip dari Kompas.com, selain batu Malin Kundang, pengunjung pantai juga bisa melihat beberapa batu lain yang dikatakan sebagai barang-barang yang dibawa Maling Kundang.

Jika berencana berenang, mampir ke Pantai Air Manis bisa menjadi pilihan karena tempat wisata Padang itu memiliki gelombang air yang rendah dan cukup tenang.

Sambil berenang di pinggir pantai, kamu dapat menikmati pemandangan Gunung Padang.

4. Pantai Carolina

Pantai Carolina relatif tak terlalu besar dan ramai, sehingga cocok bagi pengunjung yang mencari ketenangan.

Lokasi wisata pantai di Padang ini ada di Bungus Selatan atau sekitar 20 kilometer dari Pusat Kota Padang.

Menurut Pemerintah Kota Padang, pantai yang sebetulnya sudah populer sejak era 1980-an ini punya hamparan pasir putih, ombak lembut, serta perairan yang bersih.

Pantai Carolina cocok bagi peselancar pemula karena ombaknya relatif bersahabat. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti memancing, snorkeling atau pergi ke pulau kecil di sekitarnya menggunakan perahu.

5. Pantai Padang

Destinasi ini adalah salah satu wisata pantai terpopuler di Padang.

Lokasinya ada di Jalan Samudera, Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Pantai ini kian rupawan setelah Pemerintah Kota Padang memolesnya dari segala sisi. Misalnya, tempat menjadi lebih rapi dan bersih, serta area pejalan kakinya lebih luas.

Dikutip dari Pemerintah Kota Padang, area pantai juga terdapat obyek wisata baru, seperti Monumen IORA yang ekrap dijadikan spot foto atau Pantai Purus yang terkenal dengan teras besar dan lega di pinggir pantai.

Di sekelilingnya juga sudah cukup banyak kios makan yang dapat disambangi jika ingin mengisi perut, atau toko suvenir yang bisa dimanfaatkan untuk berbelanja.

Jika cuaca cerah, kamu juga bisa mampir ke pantai ini untuk menyaksikan momen matahari terbenam.

6. Pulau Pisang

Pulau Pisang terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Pisang Kecil (Pulau Pisang Ketek) dan Pulau Pisang Besar (Pulau Pisang Gadang).

Dikutip dari Pemerintah Kota Padang, Pulau Pisang Ketek adalah pulau tanpa penghuni dan lokasinya hanya sekian ratus meter saja dari Pantai Air Manis.

Untuk mencapainya, kamu cukup berjalan kaki saat air surut dari Pantai Air Manis. Saat surut, ketinggian air hanya sekirar 20 cm, sementara saat pasang bisa mencapai 1,5 meter.

Sedangkan untuk mencapai Pulau Pisang Gadang, kamu perlu menyewa kapal motor, baik di daerah Pantai Air Manis, Teluk Bungus, atau dari daerah Muaro Padang. Waktu tempuhnya lebih kurang 30 menit.

Di Pulau Pisang Gadang, pengunjung bisa snorkeling dan melihat dari dekat terumbu-terumbu karang eksotis dari kedalaman 0,5 hingga 5 meter.

Setiap pulau menyimpan pesonanya masing-masing. Oleh karena itu, sayang jika kamu melewatkan keindahannya saat pelesir ke Padang.

7. Pantai Sako

Pantai ini mungkin tak begitu populer di kalangan wisatawan, namun perlahan penggemarnya terus bertambah.

Pantai Sako dikelola oleh perorangan, bukan oleh pemerintah daerah.

Jika mampir ke sana, kamu bakal menemukan surga tersembunyi karena kondisinya masih begitu asri dan tak banyak dikunjungi.

Untuk mencapai pantai ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Padang.

8. Pantai Carocok

Wisata pantai di Padang lainnya adalah Pantai Carocok, yang berjarak sekitar 77 kilometer dari Kota Padang. Cukup jauh. Kita perlu waktu sekitar dua jam untuk mencapainya menggunakan kendaraan.

Lokasinya ada di Kecamatan IV Jurai. Dikutip dari , di Pantai Carocok terdapat jembatan yang menghubungkannya dengan Pulau Batu Kareta.

Pengunjung bisa menyebranginya dengan berjalan kaki. Tak jauh dari sana, kamu juga bisa menyebrang menuju Pulau Cingkuak.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Cingkuak seperti naik banana boat, jetski, dan aktivitas olahraga air lainnya.

9. Pantai Kata

Pantai Kata yang membentangi Desa Taluk dan Kelurahan Karan Aur di selatan Kota Pariaman menyimpan keindahan yang masih asri dan alami.

Jika kamu gemar berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sekitar, tak ada salahnya memasukkan tempat ini ke dalam daftar wisata pantai di Padang untuk dikunjungi.

Di sekitarnya, tumbuh pohon cemara laut yang rindang, sehingga membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Dikutip dari Pemerintah Kota Pariaman, Pantai Kata juga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi melihat sunset, sehingga membuat Pariaman mengantongi julukan “the Sunset City of Indonesia”.

Di sama, pengunjung juga akam menjumpai Tugu Ikan Situhuk.

Adapun ikan situhuk adalah jenis ikan yang banyak dijumpai di perairan Pariaman dan kerap diolah menjadi beragam menu makanan, seperti sala atau menunya kerap einamakan sala lauak (ikan) situhuk.

10. Pantai Gajah

Destinasi wisata pantai di Padang lainnya adalah Pantai Gajah, yang berlokasi di Air Tawar, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Dikutip dari Tribun Padang, letaknya ada di belakang Kampus Universitas Negeri Padang (UNP).

Pantai ini memiliki hamparan pasir luas yang kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas pantai, seperti bermain pasir atau menjajal olahraga pantai.

Selain itu, pengunjung Pantai Gajah juga bisa menikmati panorama matahari terbenam di sana.