Setelah 8 Bulan, Bug Drive Penyimpanan di Windows 11 Diperbaiki

Setelah 8 Bulan, Bug Drive Penyimpanan di Windows 11 Diperbaiki

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Terlepas dari pembaruan keamanan bulan Januari 2022, Windows 11 terus mengalami masalah di mana beberapa perangkat menjadi lebih lambat dari biasanya. Bug itu adalah yang mempengaruhi HDD dan SSD, dengan laporan menyebutkan bahwa sejumlah driver penyimpanan menjadi 50% lebih lambat. Di sisi lain, Microsoft sepertinya belum memperbaiki masalah itu.

Sebagai informasi, masalah pada HDD dan SSD itu pertama kali dilaporkan pada bulan Juli 2021 dan telah mengganggu para pengguna sejak lama. Masalah ini secara resmi diselesaikan dengan pembaruan kumulatif bulan Desember 2021, ketika Microsoft mengakui adanya bug Windows 11 yang mempengaruhi kinerja semua disk, baik itu NVMe, SSD sampai dengan hard disk.

Sayangnya, pembaruan kumulatif tersebut ternyata hanya memperbaiki masalah ini untuk beberapa pengguna saja, dan masih ada laporan SSD dan HDD yang mengalami masalah kinerja yang lebih lambat dari yang seharusnya.

Bug tersebut terus ada meski telah diluncurkan pembaruan keamanan bulan Desember 2021 dan pembaruan bulan Januari 2022. Akan tetapi, sepertinya pembaruan opsional terbaru yang diluncurkan beberapa hari yang lalu, akhirnya mengatasi masalah tersebut.

Dari hasil pengujian dan laporan pengguna, pembaruan Windows 11 KB5008353 telah menerapkan beberapa perbaikan penting yang juga berhasil mengatasi masalah SSD dan HDD untuk semua pengguna. Masalah kinerja yang telah menghantui sistem operasi selama hampir delapan bulan itu akhirnya telah diperbaiki.

Dalam catatan rilisnya, Microsoft mengatakan bahwa pembaruan Windows 11 KB5008353 memperbaiki bug lain dengan jurnal USN yang menyebabkan masalah regresi kinerja yang aneh.

Pengguna pun mengkonfirmasi bahwa mereka tidak lagi melihat masalah kinerja dengan drive penyimpanan mereka, dan sistem operasi pun terasa kembali berkinerja lebih cepat, seperti yang seharusnya.

“Tidak hanya di NVMe, bahkan SSD SATA saya kini lebih cepat. Sebelumnya Windows 11 booting lebih lambat dari Windows 10,” ungkap salah seorang pengguna di Feedback Hub.

Pembaruan Windows 11 KB5008353 itu rupanya juga memperbaiki masalah penting lainnya. Misalnya bug yang bisa mempengaruhi kinerja File Explorer akhirnya diperbaiki. Demikian juga, Microsoft juga memperbaiki masalah dengan Taskbar di Windows 11.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.