Samsung Galaxy A54 5G Meluncur, Desain Mirip Galaxy S23

Samsung Galaxy A54 5G Meluncur, Desain Mirip Galaxy S23

korannews.com – Samsung resmi meluncurkan dua ponsel terbarunya dari keluarga Galaxy A series secara global pada Rabu (15/3/2023). Salah satu ponsel yang ditelurkan adalah Samsung Galaxy A54 5G.

Ponsel ini merupakan penerus Samsung Galaxy A53 5G yang dirilis tahun lalu. Sebagai penerus, Galaxy A54 5G hadir dengan desain baru yang justru mirip dengan ponsel flagship Galaxy S23.

Seperti Galaxy S23, Samsung Galaxy A54 kini juga tidak memiliki modul kamera belakang. Samsung memilih menanamkan tiga kamera belakang langsung dalam punggung ponsel.

Ketiga kamera tersebut terlihat seperti “boba” yang disusun secara vertikal. Sisi-sisi bodinya kini juga lebih datar dengan ujung-ujung yang melengkung.

Tak hanya desain kamera, Samsung juga untuk pertama kalinya menggunakan material kaca Gorilla Glass 5 untuk punggung Samsung A54 5G . Sehingga tampilan punggung ponsel ini memiliki finishing glossy.

Spesifikasi Samsung A54

Untuk spesifikasi, Samsung Galaxy A54 mengunggulkan kamera utama 50 MP (f/1.8). Kamera tersebut ditemani dua kamera lain, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dan kamera makro 5 MP.

Kamera 50 MP milik Samsung A54 ini disebut-disebut lebih canggih dibandingkan kamera utama 64 MP pada Galaxy A53 tahun lalu.

Pasalnya, kamera 50 MP Galaxy A54 itu menggunakan sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron.

Kamera 50 MP ini juga dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) yang lebih besar dibanding Galaxy A53 yaitu 1,5 derajat. Keuntungannya, kamera ponsel ini disebut bisa menghasilkan foto dan video lebih stabil lagi.

Berbicara soal layar, Samsung Galaxy A54 mengusung panel Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, rasio aspek 19,5:9, serta tingkat kecerahan (brighness) maksimum 1.000 nit.

Layar tersebut mengusung desain infinity-O dengan lubang kecil yang menampung kamera selfie 32 MP.

Di aspek hardware, Samsung Galaxy A54 ditenagai chipset Exynos 1380 (5nm). Chipset Exynos 1380 ini membawa peningkatan CPU (20 persen) dan GPU (26 persen) dibandingkan chipset Exynos 1280 pada Galaxy A53.

Chipset Exynos 1380 itu dipadukan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan media 128 GB/256 GB. Ada slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan media hingga 1 TB.

Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisi dengan sistem antarmuka terbaru khas Samsung, OneUI 5.1.

Galaxy A54 ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 25 watt. Ilham mengatakan, dalam waktu waktu 30 menit, daya Galaxy A54 dapat terisi 50 persen.

Fitur lain yang dibawa Samsung Galaxy A54 meliputi dukungan konektivitas 5G, USB Type-C, speaker stereo berteknologi Dolby Atmos, serta ketahanan air dan debu dengan rating IP67.

Harga Samsung A54 5G di Indonesia selengkapnya, bisa disimak di artikel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

error: Content is protected !!