Redmi Note 11, Spesifikasi, Fitur dan Peluncuran Globalnya

Redmi Note 11, Spesifikasi, Fitur dan Peluncuran Globalnya

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Redmi Note 11, sebuah generasi baru dari smartphone murah Xiaomi yang menjalani debutnya pada bulan Oktober 2021 lalu, kini mendapatkan tanggal untuk jadwal perilisan global pada akhir Januari ini. Pihak perusahaan telah mengkonfirmasi hal ini, dan ternyata tanggal yang dipilih adalah pada 26 Januari mendatang.

Perangkat smartphone yang dikeluarkan Redmi bukanlah sebuah smartphone dengan nama besar yang mencolok, karena Xiaomi 12 merupakan smartphone premium terbaru yang sedang menghebohkan dunia saat ini. Meski demikian, Redmi Note 11 adalah sebuah perangkat yang terjangkau dan dapat diandalkan yang memiliki kelebihan akan layarnya yang besar, dan spesifikasi yang mengesankan.

Di Cina, Redmi Note 11 diluncurkan dengan model Pro dan Pro Plus, masing-masing dengan fitur yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya. Ketika diluncurkan, smartphone Redmi Note 11 mampu melanjutkan tren tersebut, karena mereka memiliki beberapa aspek yang mengesankan seperti kapasitas baterai yang besar, pengisian cepat dan kamera beresolusi tinggi.

Tidak bisa dipastikan juga, apakah peluncuran secara global di luar pasar Cina itu juga akan menjangkau seluruh negara. Namun jika itu benar-benar terjadi, berikut adalah beberapa hal yang bisa diharapkan dari smartphone tersebut.

Jika melihat pada model sebelumnya, Redmi Note 10 5G dibanderol seharga Rp3,5 jutaan untuk model 128GB. Smartphone tersebut memang memiliki versi 64GB, namun Redmi Note 11 tidak, jadi tidak layak untuk dibandingkan. Sementara untuk Redmi Note 10 Pro dibanderol sekitar Rp4,2 jutaan untuk model RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, jadi kemungkinan untuk Redmi Note 11 Pro harganya tidak akan jauh berbeda.

Meski memiliki layar LCD yang cukup besar yakni 6,6 inci dan resolusi 1080×2400 serta kecepatan refresh 90Hz, teknologi layar yang digunakan cukup rendah, dibandingkan dengan pesaing di kelas yang setara. Namun, untuk Note 11 Pro berbeda, karena menggunakan layar AMOLED yang memiliki resolusi sama, namun dengan kecepatan refresh 120Hz.

Untuk desain, ketiga versi Redmi Note 11 itu terlihat hampir mirip satu sama lain. Mereka memiliki perubahan desain yang menarik dari seri sebelumnya, seperti bagian tepi yang benar-benar rata mirip dengan yang ada di iPhone keluaran terbaru, namun berbeda dengan kebanyakan smartphone yang ada di pasaran.

Selain layar, bagian kameranya memiliki perbedaan yang cukup besar antara versi dasar dengan versi Pro, serta Pro Plus. Redmi Note 11 memiliki sebuah kamera utama 50MP, ditambah sebuah kamera ultra-wide 8MP, ya, hanya dua kamera belakang. Sedangkan model Pro dan Pro Plus memiliki kamera utama 108MP dan kamera ultra-wide yang sama 8MP dengan tambahan kamera telemakro 2MP. Ketiganya, memiliki kamera depan yang sama, yakni 16MP.

Versi standar dari Redmi Note 11 memiliki baterai dengan kapasitas 5,000mAh, namun dengan pengisian cepat hanya 33W, yang lebih kecil dibandingkan dengan smartphone kelas anggaran dan Note 11 lainnya. Note 11 Pro, memiliki baterai lebih besar yakni 5,160mAh di mana ini adalah yang terbesar di jajaran smartphone Redmi yang pernah dikeluarkan, dan pengisian cepatnya adalah 67W. Namun yang menjadi monster di sini adalah Note 11 Pro Plus, yang memiliki pengisian cepat 120W, dan Xiaomi mengatakan bahwa ini bisa mengisi ulang baterai secara penuh dalam waktu 15 menit.

Ketiga smartphone Redmi Note 11 menggunakan chipset buatan MediaTek, meski sebelumnya mereka menggunakan chipset buatan Qualcomm. Untuk Note 11 menggunakan Dimensity 810, sedangkan Note 11 Pro dan Pro Plus menggunakan Dimensity 920, yang semuanya adalah chipset kelas menengah.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.