korannews.com – Tampaknya, perusahaan Apple hanya memberi sentuhan perbedaan pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max saja. Sementara iPhone 14 dibuat dengan desain dan spesifikasi yang mirip dengan iPhone 13.

Desain dan Tampilan

Jika dilihat secara sekilas, iPhone 14 terlihat sangat mirip dengan iPhone 13.

Keduanya terbuat dari kaca dan aluminium dengan bagian belakang yang mengkilap.

iPhone 14 memiliki Perisai Keramik di kaca depan untuk menambah daya tahan. Ini juga yang diberikan Apple pada desain iPhone 13.

iPhone 13 memiliki tata letak modul kamera yang disusun secara vertikal menjadi lensa yang disusun secara diagonal di bagian belakang.

iPhone 14 juga memiliki desain yang serupa. Tapi di bagian depan, produk baru Apple ini menggunakan takik yang sedikit lebih kecil yang terlihat pada iPhone 13.

IPhone 14 hadir dalam lima warna: Midnight, Starlight, Blue, Purple, dan (Product) Red.

Sementara pilihan warna iPhone 13 antara lain Pink, Blue, Midnight, Starlight, Green dan Red.

Beralih ke ukuran layar, baik iPhone 14 dan iPhone 13 sama-sama mengusung layar OLED 6,1 inci yang identik.

Teknologi latar keduanya menampilkan dukungan HDR, kecerahan 800 nits, dan kecerahan puncak 1.2000 nits dengan konten HDR.

Chipset

Bicara soal chipset, kedua ponsel ini sama-sama dibekali dengan A15 Bionic. Cuma, iPhone 14 menggunakan chip with 5-core GPU, sementara iPhone 13 sedikit di bawahnya dengan chip with 4-core GPU.

Meski perbedaannya hanya kecil, namun kabarnya ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan baterainya.

iPhone 13 hanya memiliki waktu pemutaran video hingga 19 jam, sementara iPhone 14 dengan 20 jamnya.

Satu lagi perbedaan dari dua ponsel ini. iPhone 13 menggunakan iOS 15 (bisa update iOS 16) sedangkan iPhone 14 langsung dibekali iOS 16.

Kamera

Bisa dibilang, peningkatan terbesar yang disertakan dengan iPhone 14 melibatkan kameranya.

Seperti pendahulunya, iPhone 14 juga dibekali dengan sepasang kamera belakang 12MP, satu kamera utama, yang lain kamera ultrawide.

Tapi kali ini, sensor utama iPhone 14 jauh lebih besar dengan piksel lebih besar (1,9 mikron), dan dengan aperture f/1.5 yang lebih cepat dan stabilisasi gambar sensor-shift).

Perbaikan ini membuat hasil foto dan video yang lebih baik, memberikan detail yang lebih baik dan lebih sedikit noise.

Mode malam juga ditingkatkan dengan eksposur sekarang dua kali lebih cepat. Fitur Photonic Engine membantu meningkatkan kinerja cahaya rendah di semua kamera.

Kamera depan pada iPhone 14 juga mengalami perubahan.

Kamera TrueDepth baru ini memiliki aperture /1.9 yang seharusnya membantu dalam cahaya rendah. Sementara iPhone 13 hanya mentok di aperture f/2.2.

Harga iPhone 13:

Harga iPhone 14:

Damai Lestari