Pengertian Algoritma Pencarian dan Jenis-jenisnya

Pengertian Algoritma Pencarian dan Jenis-jenisnya

korannews.com – Sebagian pengguna internet mungkin saja pernah menelusuri suatu hal di internet dan berulang kali memasukkan kata kunci, namun tidak menemukan apa yang dicari. Hal tersebut menunjukkan bahwa kata kunci yang dimasukkan kurang tepat, sehingga apa yang disajikan oleh mesin pencari tidak akurat.

Kemungkinan lainnya yang bisa terjadi adalah konten yang Anda cari tidak memiliki kata kunci spesifik, sehingga algoritma pencarian juga tidak dapat menyajikan data yang relevan.

Algoritma pencarian inilah yang menentukan penting tidaknya suatu halaman web dan kontennya. Lantas apa yang dimaksud dengan algoritma pencarian? Berikut KompasTekno telah merangkum pengertian algoritma pencarian beserta jenis-jenisnya.

Pengertian algoritma pencarian

Algoritma pencarian adalah formula unik yang digunakan mesin pencari untuk mengambil informasi spesifik yang disimpan dalam struktur data. Algoritma pencarian inilah yang menentukan penting tidaknya suatu halaman web dan kontennya.

Dalam ilmu komputer, tingkat kecepatan sebuah aplikasi terletak pada ketepatan penggunaan algoritma pencarian. Algoritma pencarian yang terdapat dalam mesin pencari menggunakan kata kunci untuk menangkap semua data yang ada.

Efisiensi algoritma pencarian diukur dengan sebanyak apa perbandingan kunci pencarian dilakukan. Notasi yang digunakan dalam algoritma pencarian adalah O(n), dimana n adalah jumlah perbandingan yang dilakukan.

Jenis-jenis algoritma pencarian

Terdapat beberapa jenis algoritma pencarian yang paling banyak digunakan saat ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Jenis algoritma ini bekerja dengan menemukan elemen dalam daftar dengan memeriksa secara berurutan setiap elemen daftar hingga menemukan kecocokan atau menyelesaikan pencarian di seluruh daftar.

Algoritma pencarian linear dinilai tidak praktis, karena tingkat kecepatannya yang lambat.
Akan tetapi, ini bisa menjadi pilihan yang baik jika diterapkan dalam kumpulan data yang kecil.

Hal ini dikarenakan sekelompok data yang kecil tidak memerlukan penyortiran data terlebih dahulu. Jika Anda memiliki sekelompok data yang cukup besar, penggunaan algoritma dan skema pencarian biner jauh lebih cepat dibandingkan dengan algoritma pencarian linear .

Algoritma pencarian biner

Jenis algoritma ini sangat berguna untuk menemukan posisi nilai tertentu dalam larik yang diurutkan. Algoritma pencarian biner dianggap sebagai salah satu algoritma pencarian paling efisien, karena memiliki tingkat kecepatan kerja yang tinggi.

Algoritma pencarian biner bekerja dengan mulai mencari di tengah array, kemudian turun ke bagian bawah atau atas dari urutan yang diberikan. Apabila nilai median lebih rendah dari nilai target, pencarian akan lebih tinggi. Jika sebaliknya, algoritma akan melihat ke bagian yang menurun dari larik.

Dengan cara kerja yang dimulai dari tengah daftar yang diurutkan, algoritma dapat mengurangi ruang pencarian hingga setengahnya. Oleh karena itu, jenis algoritma pencarian ini dianggap sebagai metode yang cepat dan efisien untuk menemukan nilai target tertentu dari sekumpulan item yang dipesan.

Algoritma pencarian lompat

Algoritma pencarian lompat juga dikenal dengan pencarian blok. Jenis algoritma ini cocok untuk susunan data yang diurutkan.

Algoritma ini bekerja untuk memeriksa lebih sedikit elemen daripada pencarian linier dengan melompat ke depan menggunakan langkah-langkah tetap atau melewatkan beberapa elemen alih-alih mencari semuanya.

Algoritma pencarian interpolasi

Algoritma pencarian interpolasi adalah jenis yang paling sering digunakan untuk mencari kunci dalam array. Array tersebut diurutkan berdasarkan nilai numerik yang ditetapkan ke kunci.

Algoritma pencarian interpolasi bekerja dengan menyelidiki posisi nilai yang dibutuhkan. Algoritma ini bekerja dengan menentukan posisi awal tergantung pada item yang akan dicari.

Agar algoritma berfungsi dengan baik, pengumpulan data harus dalam bentuk yang diurutkan dan didistribusikan secara merata.

Algoritma pencarian eksponensial

Jenis algoritma satu ini cocok untuk mencari daftar yang diurutkan dan menemukan rentang dimana kunci pencarian mungkin ada. Pencarian eksponensial melibatkan dua langkah mendasar.

Pertama, menemukan rentang di mana elemen tersebut ada. Kedua, melakukan pencarian biner dalam rentang yang ditemukan untuk menemukan target nilai kunci.

Algoritma pencarian sangat berguna untuk pencarian tak terbatas dengan ukuran array yang tidak terbatas. Jenis ini bekerja jauh lebih baik ketika elemen yang perlu dicari lebih dekat ke elemen pertama.

error: Content is protected !!