Microsoft Rilis Tool Open Source Baru Untuk Menganalisa Kinerja Sistem

Microsoft Rilis Tool Open Source Baru Untuk Menganalisa Kinerja Sistem

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Microsoft baru saja meluncurkan sebuah koleksi baru alat open source untuk menganalisa kinerja sistem. Dibangun berdasarkan alat-alat yang telah Microsoft buat untuk Windows, Microsoft-Performance-Tools for Linux-Android ini adalah sebuah set peralatan pelacakan proses yang memungkinkan untuk lebih dekat dalam memonitor aplikasi dan kode sistem operasi.

Microsoft-Performance-Tools for Linux-Android ini dibangun dengan inti .Net termasuk juga pada Microsoft-Performance-Toolkit-sdk yang baru, dan ini bisa digunakan dalam beragam jenis platform. Ini juga diintegrasikan dengan Windows Performance Analyzer untuk memudahkan analisa pelacakan berbasis GUI.

Microsoft mengatakan bahwa alat ini menggunakan peralatan internal untuk menganalisa dan meningkatkan kinerja sejumlah produk termasuk browser Edge, Windows Subsystem for Android, Windows Subsystem for Linux dan juga mesin virtual Azure Linux. Microsoft menjelaskan alat ini sebagai berikut:

“Untuk Linux, kami mendukung LTTng, perf dan Perfetto. Untuk Android dan browser Chromium seperti Chrome dan Edge, kami mendukung Perfetto. Berikut beberapa jenis pelacakan yang saat ini sudah didukung:

    LTTng – Penjadwal kernel CPU Linux, proses, thread, Block IO/Disk, Syscalls, File Events dan lainnya.

    Perf Linux Sampling

    Perfetto Android dan Chromium termasuk penjadwal CPU, CPU Sampling, Frekuensi CPU, FTrace, Android Logs, Generic Events atau Default Tracks, dan GPU Counters.

Alat itu mendukung parsing dan menganalisis penelusuran di atas. Menangkap dan merekam pelacakan yang berbeda untuk setiap jenis alat penelusuran dan tercakup dalam cara menangkap pelacakan atau log.

Anda dapat memproses atau membuang event di baris CMD menggunakan program kustom anda sendiri, hanya dengan menggunakan beberapa baris kode. Misalnya, ada LTTngDriver yang menggunakan Microsoft.Performance.Toolkit.Engine untuk mendorong akses terprogram ke pelacakan dalam bahasa C#.”

Program atau GUI apapun di semua jenis sistem operasi bisa memproses event yang ada dengan plugin Microsoft-Performance-Tools SDK dan Linux-Android. Untuk memahami lebih lanjut dan mendapatkan informasi lebih mendetail dan teknis mengenai tool baru ini, termasuk juga dengan kode sumbernya, anda bisa menuju ke halaman alat tersebut yang saat ini sudah tersedia di GitHub pada tautan berikut ini.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.

    error: Content is protected !!