Microsoft Keluarkan Alat Baru Pendeteksi Kebocoran Memori Lewat Edge

Microsoft Keluarkan Alat Baru Pendeteksi Kebocoran Memori Lewat Edge

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Kebocoran memori adalah masalah yang umum terjadi dalam bidang pemrograman, di mana sepotong kode tidak mengelola dan mengalokasikan memori dengan benar, setelah tugasnya usai.

Masalah ini kerap kali muncul pada aplikasi yang digunakan cukup lama, yang disebabkan oleh memori yang terakumulasi sepanjang waktu dan menumpung tidak bisa terbuang, yang menyebabkan terjadinya penurunan kinerja yang signifikan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Microsoft telah meluncurkan alat baru di browser Edge mereka, yang menawarkan kemampuan debugging untuk para pengembang.

Dalam sebuah postingan blog-nya, Microsoft mengungkap bahwa alat Detached Elements di Edge Devtools Suite bisa membantu para pengembang untuk menginvestigasi adanya kebocoran Document Object Model (DOM). Seperti namanya, ini akan menunjukkan kepada anda daftar Detached Element atau elemen terpisah yang kemudian bisa diperiksa lebih lanjut.

Penting untuk dicatat bahwa elemen yang terpisah ini tidak secara inheren tidak diinginkan atau sepenuhnya merugikan dan berdampak buruk pada kinerja perangkat.

Beberapa aplikasi seperti Twitter, memasang dan melepaskan elemen dengan sengaja saat memuat feed di halaman beranda. Oleh karena itu, memiliki daftar elemen yang terpisah ini bisa memastikan bahwa pengembang mampu menyelami lebih dalam ke aplikasi mereka sendiri dan memperbaiki kebocoran DOM yang bermasalah.

Microsoft juga telah menerbitkan sebuah aplikasi perpesanan versi demo, sehingga anda bisa menguji elemen yang terpisah tersebut melalui browser Edge. Demo aplikasi perpesanan itu bisa anda dapatkan melalui tautan berikut.

Postingan blog dari Microsoft itu juga berisi mengenai informasi yang sangat detail soal bagaimana anda nantinya bisa melakukan investigasi atas kebocoran DOM pada aplikasi terkait, termasuk juga pada aplikasi yang telah tersedia untuk publik. Informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut bisa anda simak di halaman berikut.

Panel element yang terpisah ini disebutkan telah tersedia untuk browser Edge mulai versi 97, dan anda juga bisa mengirimkan saran dan kritikan mengenai kemampuan baru ini melalui ikon feedback yang telah disediakan Microsoft di sebelah pojok kanan atas dari Edge DevTools.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.