Menkominfo Pakai Kode Nomor AS, Bjorka: Tak Aman Lagi Ya?

Menkominfo Pakai Kode Nomor AS, Bjorka: Tak Aman Lagi Ya?

Menkominfo Pakai Kode Nomor AS, Bjorka: Tak Aman Lagi Ya?

korannews.com – Bjorka melontarkan kritik kepada Menteri Kominfo Johnny Plate. Ini terjadi setelah Johnny mengganti nomornya menjadi berasal dari Amerika Serikat (AS).

Data pribadi Johnny ikut disebarkan oleh Bjorka beberapa hari terakhir. Termasuk nomor ponselnya yang ternyata tak lama diganti menjadi nomor ponsel dari AS.

Dalam akun Twitter @bjorxanism, yang diduga milik Bjorka, dia mempertanyakan alasan penggantian nomor tersebut. Menurutnya apakah itu menjadi penilaian nomor Indonesia tidak lagi aman digunakan.

“Why u change ur phone number to us phone number sir @PlateJohnny? Is it true that Indonesian numbers are no longer safe to use?” tulis Bjorka lewat Twitter.

Jika diterjemahkan, “Kenapa mengganti nomor ponsel Anda dengan nomor ponsel AS pak @PlateJohnny? Apakah benar nomor Indonesia tidak lagi aman digunakan?”

Selain membongkar surat-surat yang ditujukan kepada Presiden RI, Bjorka menyebarkan data pribadi milik Johnny Plate. Pembagian data itu dilakukan pada hari ulang tahun Johnny yang jatuh pada Sabtu (10/9/2022).

Dalam data yang dibagikan di Telegram tersebut, Bjorka membagikan detail alamat, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), agama, golongan darah, pendidikan, ID vaksinasi, hingga nama orang tua dan istri.

“Happy birthday Johnny Johnny, yes papa,” tulisnya, dalam akun Telegramnya Bjorkanism.

Sementara itu dalam keterangan persnya, Senin malam (12/9/2022), Johnny mengatakan pemerintah membuat tim khusus menangani insiden dugaan kebocoran data tersebut. Kelompok tersebut terdiri dari BSSN, Kementerian Kominfo, Polri dan juga BIN.

“Perlu ada emergency response untuk menjaga tata kelola data yang baik di Indonesia untuk menjaga kepercayaan publik,” kata Johnny, Senin (12/9/2022).

“Jadi akan ada emergency response team dari BSSN, Kominfo, Polri dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya”.

error: Content is protected !!