korannews.com – Masih banyak misteri yang tersimpan di dasar lautan. Salah satunya lubang misterius di dasar laut yang bikin para ilmuwan binggung.

Pada Juli lalu, ekspedisi kedua Voyage to the Ridge 2022, mengamati beberapa set lubang sublinier di sedimen dasar laut pada kedalaman sekitar 2.540 meter.

Namun anehnya, lubang-lubang itu terlihat seperti buatan manusia, tumpukan kecil sedimen di sekitarnya menunjukkan bahwa mereka telah digali.

“Kami mencoba, tapi tidak dapat mengintip ke dalam lubang dan menyodoknya dengan alat pada kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh. Juga tidak jelas apakah lubang-lubang itu terhubung di bawah permukaan sedimen,” kata ilmuwan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat, dikutip dari laman resmi, Senin (12/9/2022).

Para ilmuwan tidak yakin tentang asal usul lubang ini, jadi mereka membagikannya kepada pengikut di platform media sosial seperti Twitter dan Facebook , untuk melihat hipotesis apa dari masyarakat tentang bagaimana lubang ini terbentuk.

Mereka pun mendapat berbagai tanggapan, mulai dari alien, spesies kepiting yang tidak dikenal, hingga gas yang naik dari bawah dasar laut.

Namun, ini bukan pertama kalinya para ilmuwan menemukan lubang misterius ini. Pada Juli 2004, saat menjelajah di kedalaman 2.082 meter selama ekspedisi di sepanjang Atlantik Tengah bagian utara, para ilmuwan menemukan beberapa set lubang ini.

Sebuah makalah oleh ilmuwan Michael Vecchione dan Odd Aksel Bergstad menyoroti bagaimana lubang yang tidak biasa ini menunjukkan celah yang ada dalam pemahaman dasar manusia tentang ekosistem punggungan laut tengah. Dalam makalah tersebut, para ilmuwan membahas beberapa hipotesis yang dibagikan di media sosial.