Lenovo Rilis Laptop Baru ThinkPad Z, Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Lenovo Rilis Laptop Baru ThinkPad Z, Terbuat dari Bahan Daur Ulang

korannews.comPIKIRAN RAKYAT – Lenovo meluncurkan laptop ThinkPad Z Series. Seri terbaru diantaranya Thinkpad yakni ThinkPad Z13 dan Z16 dengan penampilan desain yang elegan.

Mengatakan ThinkPad Z13 dan Z16 ini memberikan sisi material yang bida membedakan dari produk lainnya.

“Bahan daur ulang meluas ke kemasan yang terbuat dari bahan 100% bambu dan tebu yang dapat didaur ulang dan dikomposkan. Selain itu, adaptor daya AC yang menggunakan 90% Post-Consumen Content,” ujar SMB Lead Lenovo Indonesia, Willy Setiawan dalam acara peluncuran di Satoo Garden, Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu 15 Rabu 2023.

“Desain baru yang mencolok ini menjawab perubahan perilaku masyarakat terhadap dampak teknologi terhadap lingkungan dan juga dampak penggunaan bahan baku,” papanya.

Selain menampilkan desain yang menarik, kedua seri ThinkPad juga mengusung processors the Next-Gen AMD Ryzen PRO terbaru untuk mobile dan akan menampilkan processors keamanan Microsoft Pluton untuk keamanan yang kuat dari chip hingga cloud di PC Windows 11.

“Kalau misalkan kita bicara mengenai perbedaan teknologi, saya tidak tahu bisa dikategorikan atau tidak tapi kalau kita bicara produk lain, kalau dari sisi klasifikasi, processors yang paling baru misalkan pertama kalinya kita kasih yang PGA processors AMD Pro salah satunya, saya nggak tau ini masuk atau enggak, tapi memang ini bukan spesifikasi, sebagian spesifikasi,” ucapnya.

ThinkPad Z13 dan Z16 akan menjadi salah satu laptop pertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen PRO 6000 Series. Untuk ThinkPad Z13 bisa ditingkatkan hingga menjadi AMD Ryzen 7 PRO 6860Z yang diintegrasikan dengan AMD Radeon 600M Series Graphic.

“Untuk Thinkpad Z16 prosesor bisa ditingkatkan menjadi AMD Ryzen 9 PRO 6950H yang dipadukan dengan AMD Radeon RX6500M Graphics dengan teknologi SmartShift,” tuturnya.

Desain dari ThinkPad Z13 (layar 13 inci) dan Z16 (layar 16 inci) yang serba baru ini memberikan aksen warna yang seperti Bronze yang dipadukan dengan bahan kulit vegan PET atau Artic Grey dengan 75% aluminium daur ulang.

Di sektor keamanan kedua laptop dilengkapi dengan fingerprint reader dan prosesor Discrete TPM 2.0 Microsoft Pluton yang akan memberikan pengguna keamanan maksimal. Dibuat berdasarkan pendekatan berlapis keamanan AMD PRO, AMD Ryzen 6000 Series adalah prosesor x86 pertama yang mengintegrasikan prosesor keamanan Microsoft Pluton untuk keamanan yang maksimal dari chip ke cloud pada PC Windows 11.

Prosesor Keamanan Microsoft Pluton dirancang dan diupdate oleh Microsoft. Prosesor ini akan memperkuat PC Windows 11 baru dengan perlindungan untuk identitas pengguna, data, dan aplikasi.

Selain itu, Lenovo dan AMD telah berkolaborasi untuk menghadirkan desain platform yang mutakhir, merampingkan semua aspek sistem dari silikon hingga perangkat keras dan perangkat lunak. ThinkPad Z13, ditenagai oleh prosesor eksklusif AMD Ryzen 7 PRO 6860Z.

Prosesor ini dioptimalkan untuk menghadirkan kinerja audio dan video yang mulus dan berkualitas, memaksimalkan respon, dan memberikan daya tahan baterai yang luar biasa saat menggunakan aplikasi seperti Teams dan Zoom. ThinkPad Z16 juga bisa dikonfigurasikan dengan AMD Radeon RX6500M yang baru dengan teknologi pintar AMD yang akan meningkatkan produktivitas, cocok untuk pembuat konten, dan untuk bermain game.

Ketika dipasangkan dengan prosesor Ryzen, AMD SmartShift Max akan menawarkan peningkatan daya untuk CPU dan GPU, dan SmartShift Eco dirancang untuk memaksimalkan efisiensi baterai.

ThinkPad Z16 dilengkapi dengan memori RAM hingga 32GB dan kapasitas penyimpanan hingga 2TB SSD. Sedangkan untuk ThinkPad Z13 sendiri, laptop ini akan dilengkapi dengan memori RAM hingga 32GB dan kapasitas pemyimpanan hingga 1TB SSD.

Selain Lenovo , terdapat beberapa brand lain yang memiliki Laptop dengan beragam fitur. Seperti Acer, HP, Dell dan lainnya.***

Exit mobile version