Laptop Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

Laptop Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

korannews.com – Asus resmi meluncurkan laptop gaming terbarunya di Indonesia, yaitu TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617), Kamis (16/3/2023).

Sesuai namanya, laptop gaming dengan layar 16 inci ini merupakan penerus dari TUF Gaming A15 (2022) yang dirilis di Indonesia 2022 lalu.

Head of Public Relations ASUS Indonesia, Muhammad Firman, mengatakan bahwa TUF Gaming A16 Advantage Edition hadir karena konsumen Tanah Air saat ini mulai menunjukkan ketertarikan terhadap laptop gaming dengan layar lebih dari 15 inci.

“Berdasarkan riset pasar yang kami dapat, konsumen Indonesia, terutama yang mengincar laptop gaming Rp 20 juta ke atas, mulai tertarik dengan laptop gaming 16 inci,” ujar Firman dalam acara peluncuran TUF Gaming A16 Advantage Edition yang digelar di Akmani Hotel Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

“Ini yang menjadi alasan mengapa kami membawa TUF Gaming A16 terbaru model 16 inci terlebih dahulu, bukan TUF Gaming A15 terbaru model 15 inci,” imbuh Firman.

Nah, sebagai model yang lebih anyar dari TUF Gaming 15, Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition dibekali dengan hardware terkini.

Pada sektor prosesor (CPU), misalnya, laptop gaming ini ditenagai dengan CPU AMD Ryzen generasi terbaru yang sudah menggunakan arsitektur Zen 4, yaitu Ryzen 7 7735HS.

CPU yang terdiri dari 8 inti (core) dan 16 threads ini memiliki kecepatan clock maksimal (boost) mencapai 4,7 GHz dab L3 cache dengan kapasitas 16 MB.

Untuk menunjang performa visual, Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition dibekali dengan unit pengolah grafis (GPU) AMD Radeon RX 7600S dengan arsitektur terbaru RDNA 3.

GPU ini berjenis GDDR6 dan memiliki video memory (VRAM) 8 GB, dengan konsumsi daya atau TGP mencapai 120W.

Pada sektor memori, Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition dibekali RAM DDR5-4800 MHz mencapai 16 GB, serta media penyimpanan (storage) NVMe M.2 SSD PCIe 4.0 hingga 512 GB.

Daya tahan fisik dan baterai

Untuk aspek ketahanan, laptop gaming yang sudah dibekali dengan sertifikasi MIL-STD-180H ini ditopang dengan baterai berkapasitas 90Wh. Baterai ini mendukung teknologi pengisian cepat 100W via konektor USB-C.

Beralih ke aspek desain, Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition mengusung layar IPS (anti glare) 16 inci dengan resolusi hingga QHD, refresh rate hingga 240 Hz, response time 3 ms, dan tingkat kecerahan mencapai 500 nits.

Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo, mengeklaim bahwa TUF Gaming 16 Advantage Edition memiliki bezel yang paling tipis di laptop keluarga TUF Gaming Series.

“Laptop ini menjadi laptop TUF Gaming yang memiliki rasio layar ke bodi mencapai 90 persen. Biasanya, bezel layar di laptop TUF Gaming berada di angka sekitar 80-an persen,” ujar Riandanu dalam kesempatan yang sama.

Masih soal tampilan, papan ketik (keyboard) laptop gaming ini tidak memiliki lampu RGB, namun mempunyai lampu backlit berwarna putih yang bisa membantu pengguna ketika mengetik di tempat gelap.

Fitur pendukung lain yang ada di laptop ini mencakup sistem operasi (OS) Windows 11 Home, WiFi 6, webcam 720p, speaker Dolby Atmos, serta AMD SmartShift dan AMD Smart Access Memory untuk meningkatkan performa dan efisiensi, dan masih banyak lagi.

Harga Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition

Di Indonesia, Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition hadir dengan dua varian warna, yaitu Off Black dan Sandstorm.

Ada dua SKU yang berbeda. Yang membedakan keduanya adalah aspek layar. Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition dengan resolusi layar FHD, refresh rate 165 hz, dan tingkat kecerahan 250 nits, dibanderol dengan harga Rp 21,5 juta.

Sementara Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition dengan layar resolusi QHD, refresh rate 240 hz, dan tingkat kecerahan 500 nits dibanderol dengan harga Rp 23 juta.

Asus TUF Gaming A16 Advantage Edition sudah bisa dibeli di sejumlah toko rekanan Asus di Indonesia, baik itu offline dan online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

Exit mobile version