Kursus online permudah perusahaan tingkatkan transformasi digital

Kursus online permudah perusahaan tingkatkan transformasi digital

korannews.com – Head of Indonesia Market Udemy Giri Suhardi menyampaikan bahwa kursus secara daring (online) dapat mempermudah perusahaan dalam meningkatkan kemampuan dalam transformasi digital.

“Salah satu alasannya karena pembelajar dapat memilih kursus berdasarkan kebutuhan dan minat mereka, serta disesuaikan dengan waktu yang dimiliki,” katanya di Jakarta, Selasa.

Giri menjelaskan, implementasi transformasi digital oleh perusahaan di Indonesia menunjukkan peningkatan usai pandemi COVID-19.

Hal itu disebabkan karena pada saat pandemi, kesempatan untuk berinteraksi secara langsung menjadi terbatas sehingga proses belajar atau berbagi pengetahuan juga menjadi terbatas.

Meski tidak menyebut jumlahnya, Giri mengatakan bahwa pandemi membuat perubahan sangat signifikan terhadap adopsi dalam dunia digital.

Ia menyebut, paling tidak ada 70 persen perusahaan besar dan sedang di Indonesia yang terus berupaya meningkatkan kemampuan dalam teknologi digital.

Ia mengungkapkan, melalui platform kursus secara daring yang dikembangkan oleh Udemy saat ini telah memiliki jumlah total pembelajar, baik marketplace maupun Udemy Business mencapai lebih dari 500.000 klien per 31 Desember 2022.

“Udemy Business bekerja sama dengan lebih dari 14.000 perusahaan di seluruh dunia termasuk BRI, Adira Dinamika Multifinance, GoTo dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Giri mengatakan, berdasarkan Studi International Data Corporation baru-baru ini menunjukkan bahwa perusahaan yang menggunakan Udemy Business melaporkan peningkatan jumlah karyawan yang memiliki keterampilan hingga hampir lima kali, produktivitas yang lebih tinggi sekitar 12 persen, dan penghematan biaya perekrutan yang signifikan.

Udemy Business menawarkan solusi pembelajaran yang komprehensif dengan berbagai kursus yang dikurasi sesuai dengan peran dan level masing-masing karyawan, sehingga membantu perusahaan menskalakan pembelajaran ke seluruh organisasi dan meningkatkan hasil bisnis.

Ia menambahkan, Udemy mendukung organisasi dengan berbagai ukuran di Indonesia, baik Usaha Kecil dan Menengah (UKM), perusahaan besar, hingga lembaga pemerintah.

Hampir ratusan perusahaan di Indonesia dari berbagai sektor industri termasuk teknologi, perbankan & layanan keuangan, instansi pemerintah, logistik, telekomunikasi, dan kimia memanfaatkan Udemy Business untuk pembelajaran dan pengembangan karyawannya.

“Ini dilakukan untuk mendukung perusahaan di Indonesia dan mengatasi masalah krusial tenaga kerja, khususnya dalam bidang digital,” katanya.

Sebagai informasi, Udemy adalah marketplace/ platform untuk belajar dan mengajar online yang didirikan pada tahun 2010.

Udemy menghubungkan instruktur dan pembelajar di seluruh dunia dengan lebih dari 70.000 instruktur yang mengajar lebih dari 200,000 kursus di Udemy dalam hampir 75 bahasa,pembelajar dapat memilih kursus berdasarkan kebutuhan dan minat mereka.

Pembelajar dapat mengunduh video kursus dalam aplikasi Udemy untuk ditonton secara offline, memungkinkan mereka untuk belajar di mana saja dan kapan saja.

error: Content is protected !!