Kenapa Dell dan Lenovo Tidak Menggunakan Microsoft Pluton?

Kenapa Dell dan Lenovo Tidak Menggunakan Microsoft Pluton?

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Dell dan Lenovo memutuskan untuk tidak menggunakan teknologi Pluton milik Microsoft pada perangkat PC buatan mereka. Pluton mengintegrasikan fungsi keamanan dengan prosesor dan ini digunakan pada konsol Xbox dan beberapa komputer. Dell dan Lenovo lebih memilih menggunakan teknologi Intel vPro untuk keamanan, yang tidak bisa digunakan bersamaan dengan Pluton.

Teknologi Microsoft Pluton ini bisa digunakan untuk mengamankan perangkat PC, tetapi beberapa pabrikan ternama tidak menggunakannya di produk mereka. Dell dan Lenovo tidak menggunakan teknologi ini, termasuk Intel yang tidak lagi menerapkan Pluton di prosesor generasi ke-12 mereka. Intel bahkan memutuskan untuk menggunakan teknologi TPM mereka sendiri.

“Pluton tidak sejalan dengan pendekatan yang diambil Dell pada keamanan perangkat keras, dan tidak memenuhi persyaratan keamanan PC komersial kami,” ungkap Dell.

Menggunakan sesuatu selain Pluton bukan berarti perangkat buatan Dell tidak aman. Ini hanya berarti bahwa Dell memilih untuk mengambil jalan yang berbeda dalam mengamankan perangkat mereka.

“Seperti halnya semua teknologi yang ada, kami akan terus melakukan evaluasi pada Pluton, untuk mengetahui bagaimana itu bekerja dibandingkan dengan penerapan TPM sekarang ini, untuk masa mendatang. Dell juga menyediakan keamanan sendiri, menerapkannya pada tingkat perangkat keras dan lunak, untuk melindungi pelanggan dari serangan,” tambah Dell.

Lenovo tampaknya mengambil pendekatan yang sama dengan Dell, setidaknya pada beberapa perangkat mereka. ThinkPads berikutnya yang berbasis Intel, tidak akan mendukung Microsoft Pluton saat peluncuran. Bahkan perangkat mereka yang menggunakan AMD Ryzen 6000, juga tidak mengaktifkan Pluton secara default. Jadi pengguna harus mengaktifkannya secara manual.

Namun untuk ThinkPad X13, akan menggunakan Pluton. Perangkat itu ditenagai oleh Snapdragon 8cx Gen 3 yang baru. Perlu dicatat juga bahwa Microsoft dan Lenovo selama ini telah bekerja sama sejak empat tahun yang lalu, untuk memastikan bahwa fitur keamanan Lenovo kompatibel dengan PC Windows on ARM.

Sementara itu, pihak Microsoft sepertinya tidak terlalu ambil pusing karena Dell dan Lenovo tidak menggunakan Pluton saat ini. Mereka mengatakan memberikan fleksibilitas pada mitra mereka dalam mengkonfigurasi produk yang memenuhi spesifikasi mereka. Microsoft pun memastikan tetap akan bekerja sama dengan mitra dan pelanggan hingga tahun-tahun mendatang, untuk terus meningkatkan keamanan dengan Pluton.

Sebagai informasi, Pluton baru saja diumumkan pada tahun 2020 lalu, jadi mungkin masih membutuhkan beberapa waktu bagi produsen PC untuk mengadopsinya.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.