korannews.com – Uji coba dilakukan menggunakan laptop berbasis prosesor Intel Core dengan solusi Wi-Fi 7 yang terhubung ke access point Broadcom Wi-Fi 7.

“Kami bangga telah menunjukkan bagaimana Wi-Fi 7 generasi terbaru bisa memberikan pengalaman mobile PC yang baru,” kata Carlos Cordeiro, Intel Fellow and Wireless CTO, Client Computing Group, Intel.

Menurutnya dalam keterangan resminya, Minggu (11/9/2022), kolaborasi industri sangat esensial untuk memastikan bahwa kami dapat memenuhi janji dari teknologi nirkabel terbaru ini.

Di kesempatan yang sama Vijay Nagarajan, vice president, Wireless Connectivity Division, Broadcom, mengatakan bahwa pencapaian hari ini mengirimkan pesan yang jelas, yakni ekosistem sudah siap dan Wi-Fi 7 sudah hadir untuk memberikan kapasitas luar biasa dan kecepatan super cepat untuk memperluas gigabit broadband.

“Komunikasi dengan latensi rendah dan andal yang disediakan oleh Wi-Fi 7 adalah elemen kunci dari visi Broadcom untuk menghubungkan segala sesuatu ketika Internet berkembang ke iterasi berikutnya yang penuh dengan pengalaman yang imersif,” jelasnya.

Wi-Fi 7 adalah platform untuk pengalaman nirkabel 10 tahun ke depan, yang membutuhkan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, keandalan yang lebih baik, dan kapasitas yang lebih besar.

Wi-Fi 7 memanfaatkan fitur-fitur baru termasuk channel 320 MHz yang lebih luas dalam spektrum unlicensed 6GHz, modulasi data ordo yang lebih tinggi 4K QAM.

Kemudian, koneksi simultan di beberapa pita dengan operasi multi-link dan peningkatan efisiensi utilisasi channel dengan melakukan puncturing pada unit multi-resource.

Pengoperasian yang deterministik dari Wi-Fi 7 memungkinkan terciptanya kelas-kelas produk baru, termasuk augmented reality dan virtual reality, streaming media 16K dalam resolusi ultra-high-definition.

Bahkan, game yang sangat responsif serta andal, serta mendukung sejumlah besar perangkat yang terhubung di rumah atau kantor.

“Wi-Fi 7 adalah protokol Wi-Fi yang paling powerful dan kapabel serta akan memungkinkan Wi-Fi melayani aplikasi yang paling demanding di pasar consumer dan vertical, dengan tingkat determinisme tertinggi,” kata Phil Solis, Research Director, Connectivity, di IDC.

Dia menambahkan, pengujian interoperabilitas antara Intel dan Broadcom akan memungkinkan pengembangan produk yang dapat digunakan di test bed untuk pengujian sertifikasi Wi-Fi Alliance resmi.

Intel dan Broadcom menyediakan jaringan lengkap yang esensial untuk membantu memaksimalkan potensi Wi-Fi 7 dan memberikan pengalaman menyeluruh ke marketplace Wi-Fi yang lebih luas.