Ini Smartphone Yang Pertama Gunakan Snapdragon 898

Ini Smartphone Yang Pertama Gunakan Snapdragon 898

korannews.com – Akhir tahun sudah semakin mendekati, dan sudah menjadi tradisi bagi Qualcomm untuk meluncurkan chipset smartphone flagship terbaru mereka pada bulan Desember mendatang.

Banyak pihak berharap, chipset Qualcomm Snapdragon 898 akan diungkapkan bulan depan, dan kini sepertinya Motorola yang akan menjadi brand smartphone pertama yang akan menawarkan chipset baru itu di perangkat mereka.

General Manager Motorola, yakni Chen Jin mengatakan lewat akun Weibo-nya bahwa smartphone dengan nama Moto Edge X akan segera hadir ke pasaran. Kemudian, jajaran eksekutif Motorola juga mengklaim bahwa perangkat smartphone baru mereka itu akan menjadi sangat powerful. Lihat gambar teaser smartphone baru itu di bawah ini.

Gambar Teaser Motorola Edge X

Tentu saja, postingan itu sendiri tidak menunjukkan bahwa Motorola akan menawarkan chipset Qualcomm Snapdragon 898 dalam waktu dekat. Namun, di sinilah akun tipster kenamaan Digital Chat Station yang memperkuat rumor tersebut. Dia mengungkapkan lewat akun Weibo-nya bahwa Motorola Moto Edge X akan menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan Snapdragon 898 SoC.

“Ingatkan kalian bahwa pada minggu kemarin saya mengatakan bahwa Motorola akan menjadi yang pertama meluncurkan smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 898? Perangkat misterius itu memiliki embel-embel Edge X, yang sangat identik dengan perangkat buatan Motorola”.

Banyak pihak yang yakin, bahwa smartphone Motorola dengan Snapdragon 898 itu mungkin akan terlebih dahulu hanya tersedia di pasar Cina saja. Jadi, mereka yang ada di luar Cina bisa dipastikan akan menunggu kehadirannya lebih lama untuk peluncuran di pasar global, sebelum akhir tahun tentunya.

Meski demikian, ini bukanlah kabar baru satu-satunya dan yang pertama mengenai rumor smartphone mana yang akan menggunakan chipset flagship terbaru dari Qualcomm tersebut. Jika menengok pada akhir tahun lalu, Xiaomi meluncurkan smartphone flagship mereka Mi 11 yang ditenagai oleh Snapdragon 888 terbaru kala itu di Cina, pada akhir Desember. Perangkat itu hadir, beberapa minggu setelah Qualcomm mengumumkan chipset terbarunya.

Jadi jika merujuk pada riwayat dan data yang ada, bisa jadi antara Xiaomi dan Motorola yang akan menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan Snapdragon 898.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.