Gionee G13 Pro, Smartphone non-Huawei Pertama Dengan Harmony OS

Gionee G13 Pro, Smartphone non-Huawei Pertama Dengan Harmony OS

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Mungkin anda belum familiar dengan brand Gionee Mobile. Namun brand smartphone asal Cina ini cukup populer di beberapa wilayah di dunia. Brand ini dikenal mengeluarkan produk smartphone tangguh dengan kapasitas baterai yang besar. Kini, mereka meluncurkan Gionee G13 Pro, dan menjadi perbincangan hangat di banyak kalangan.

Dari segi tampilannya, smartphone Gionee G13 Pro ini mirip dengan Apple iPhone 13. Namun ini adalah sebuah smartphone kelas entry dengan harga sekitar Rp1,2 jutaan. Smartphone tersebut saat ini sedang dalam masa pre-sale di sejumlah toko online dengan menawarkan versi penyimpanan 32GB dan 128GB.

Yang paling menarik dan menjadi perbincangan bukanlah desainnya yang mirip iPhone 13, melainkan adanya sebuah tagline ‘ekosistem HMS baru’ dan ‘Harmony OS’ yang tercantum pada halaman detail produknya.

Di halaman tersebut, Gionee menjelaskan hal itu sebagai berikut: “Harmony OS baru menghadirkan sebuah pengalaman baru kehidupan cerdas di semua skenario, desktop bisa dengan bebas dikombinasikan, hanya kombinasi dan kalimat yang dipersonalisasi serta pengalaman yang disesuaikan”.

Mungkin banyak orang akan kesulitan untuk membaca kalimat dalam halaman produk detail itu, karena halaman tersebut memang memiliki banyak kesalahan pengetikan, sehingga menimbulkan sejumlah anggapan mengenai keaslian dari perangkat itu.

Ada laporan bahwa hal ini kemungkinan hanya semacam propaganda oleh brand tersebut. Namun tidak mungkin juga jika perusahaan itu bisa melakukan hal yang begitu rendah semacam ini. Selain itu, sejumlah blogger berspekulasi bahwa Gionee G13 Pro mungkin menggunakan layanan seluler dari HMS.

Ini berarti bisa mendukung akun Huawei dan berbagai kemampuan perangkat lunak dari Huawei lainnya. Namun di sisi lain juga sangat tidak mungkin untuk mendukung Harmony OS dalam artian sempit. Meski demikian, halaman produk itu mengatakan bahwa perangkat tersebut mendukung sistem operasi Harmony OS.

Dari pengenalan produk, perangkat smartphone ini seharusnya menjadi smartphone untuk kalangan usia lanjut. Sebab perangkat ini mendukung pemanggilan kode pembayaran dengan cepat, kode kesehatan dan fungsi praktis lainnya seperti mode font besar.

Dari spesifikasinya, smartphone Gionee G13 Pro hadir dengan chipset UNISOC Tiger T310, layar berukuran 6.26 inci dengan rasio screen to body 90,3%. Bagian kamera, ada setelah kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP. Sementara untuk baterainya berkapasitas 3.500mAh.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.