Garena Ungkap Format Free Fire FFML Season 7, Sistem Qualifier Baru?

Garena Ungkap Format Free Fire FFML Season 7, Sistem Qualifier Baru?

korannews.com – FFML (Free Fire Master League) merupakan liga major profesional Free Fire yang diluncurkan Garena selaku developer dan publisher sejak tahun 2020 (season 1). FFML sukses menjadi scene kompetitif yang menjadi jenjang mulai dari nasional ke regional hingga internasional. Seperti diketahui, sejak Season 3 FFML menggunakan format dua divisi yakni I dan II. Namun, sepertinya format ini akan berubah di FFML Season 7 yang akan dimulai pada tahun 2023.

Format baru FFML disiakan melalui pemberitaan Garena kepada media. Format tersebut berpengaruh sejak fase qualifier. Sejatinya Garena memang sudah mulai ancang-ancang untuk menerapkan rencana ini sejak dua musim terakhir. Hal ini disampaikan oleh Adriyan “Elhaya” Putra selaku Marketing, Community & Esports Manager Garena Free Fire Indonesia. Format FFML baru yang telah disiapkan nantinya bernama Free Fire Masters League: Nusantara Series. Sistem yang disusun berdasarkan kompetisi regional-based.

Dengan format baru ini, kemungkinan Garena akan meniadakan sistem divisi. Hal ini tentu juga berpengaruh dengan sistem penempatan tim yang akan tampil di reguler season, termasuk fase Qualifier (kualifikasi).

Bukan lagi dengan format Divisi, Garena akan memberlakukan sistem regional based beberapa kota besar di Indonesia. Garena membuka kesempatan bagi tim-tim komunitas yang tersebar di berbagai daerah, yakni di enam kota besar di Indonesia yakni Bandung, Jakarta, Medan, Solo, Surabaya, dan Makassar.

Pendaftaran tahap qualifier telah dimulai. Para pemain dan penggemar game battle royale besutan Garena ini, sudah bisa mendaftarkan diri/tim mulai dari 26 Desember mendatang. Periode pendaftaran Qualifier (kualifikasi) akan ditutup pada tanggal 8 Januari 2023.

Lalu, bagaimana dengan nasib tim-tim FFML Divisi 2? Tim-tim tersebut tentu masih bisa berpartisipasi di FFML Nusantara Series. Namun, beberapa organisasi tampaknya memilih menonaktifkan tim-tim divisi 2, misalnya RRQ Hide, SES Esports dan ECHO.

Format Open dan Region Qualifier FFML Season VII

Nantinya di babak Open Qualifier, peserta akan bertanding di Arena Mode pada tanggal 8 Januari 2023. Sebanyak 144 tim yang lolos dan maju ke babak Quarter Final Open Qualifier pada 14 Januari 2023.

Kemudian seluruh tim dibagi ke dalam 12 grup. Selanjutnya 12 tim teratas alias juara group berhak melanjutkan perjuangannya di Final Qualifier pada 15 Januari 2023. Setelah itu, hanya enam tim di posisi atas yang melaju ke FFML Qualifier Phase 1.

Enam teratas saja yang akan bergabung dengan tim yang sudah menunggu di Open Qualifier Phase 1. Selanjutnya semua diadu kembali, untuk menemukan enam tim terbaik yang berhak lolos ke Phase 2 pada 27 Januari 2023.

Di Phase 3 tim yang lolos kan bertanding dengan sembilan tim FFML Season VI Divisi 2 (posisi 4-12). Kesekian kalinya, enam tim teratas lanjut ke Phase 4 pada 29 Januari 2023. Di fase terakhir, enam tim akan tergabung dengan enam tim FFML Season VI Divisi 1 (posisi 13-18). tiga tim teratas di babak ini, melaju ke FFML Season VII.

Kolaborasi Free Fire & JKT48 Beri Kesempatan Survivors untuk Mabar dan Ketemu Langsung Senbatsu!

error: Content is protected !!