Di Windows 11 Build 22494, Halaman Apps & Feature Dapatkan Peningkatan

Di Windows 11 Build 22494, Halaman Apps & Feature Dapatkan Peningkatan

korannews.com – Di Windows 10, ketika anda ingin mengelola aplikasi di sistem, anda hanya perlu membuka halaman Apps & Feature di aplikasi Settings. Prosesnya tetap sama di Windows 11, tetapi Microsoft sedang mengerjakan peningkatan desain untuk Apps & Feature, di mana anda dapat menghapus aplikasi dari sistem atau mengelola aplikasi yang ada.

Di Windows 11 Build 22494, Microsoft sedang menguji desain baru untuk sub-halaman “Aplikasi Terpasang” di halaman Apps & Feature. Saat ini, jika anda membuka tab Apps & Feature, anda akan melihat daftar aplikasi UWP dan desktop yang terpasang.

Windows Settings memungkinkan anda menggulir daftar panjang aplikasi, tetapi masalah dengan desain saat ini adalah pengguliran menjadi tak terbatas. Meskipun aplikasi memiliki kotak pencarian, Microsoft tidak mengizinkan anda mengubah tampilan aplikasi Settings, jadi anda harus terus menggulir daftar untuk menemukan aplikasi tertentu.

Dimulai dengan Windows 11 Build 22494, halaman Apps & Feature dibagi ke dalam kategori terpisah dengan masing-masing memiliki halaman khusus sendiri.

Misalnya, anda sekarang dapat mengklik “Aplikasi Terpasang” untuk melihat semua program yang anda pasang.

Untuk mempermudah, Microsoft memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan anda beralih di antara tiga tata letak yang berbeda. Tata letak default adalah “daftar”, tetapi anda sekarang dapat beralih ke tata letak gambar mini, yang terlihat mirip dengan Live Tiles. Tata letak seperti tile statis baru ini mengatasi masalah pengguliran tak terbatas dan anda selalu dapat kembali ke tampilan asli jika anda tidak menyukai eksperimen Microsoft tersebut.

Selain desain yang lebih baik, Microsoft juga sedang mengerjakan fitur-fitur canggih untuk Windows Settings. Misalnya, anda sekarang dapat memfilter daftar menggunakan urutan abjad, file terkecil hingga terbesar, file terbesar hingga terkecil, dan banyak lagi.

Saat anda menggunakan filter yang diperbarui, semua aplikasi atau program tidak relevan lainnya yang terdaftar akan hilang kecuali yang diminta oleh pengguna. Pengurutan lanjutan berdasarkan filter dapat berguna saat anda ingin mengosongkan ruang hard disk atau jika anda ingin menentukan aplikasi atau pembaruan menggunakan penyimpanan paling sedikit.

Microsoft saat ini sedang menguji peningkatan ini dengan Windows Insiders di kanal Pengembang. Perubahan ini diharapkan akan diterapkan pada Windows 11 versi 22H2, yang akan dirilis ke konsumen pada Oktober 2022. Namun, ada kemungkinan bahwa halaman Apps & Feature akan diperbarui melalui paket pengalaman tersebut.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.