Cara Download Setifikat Vaksin di Aplikasi SatuSehat

Cara Download Setifikat Vaksin di Aplikasi SatuSehat

korannews.com – Aplikasi PeduliLindungi kini bertransformasi menjadi SatuSehat sejak 1 Maret 2023. Aplikasi ini diluncurkan untuk mewadahi layanan kesehatan yang sebelumnya berasal dari 400 platform. Salah satu fitur andalan yang dipertahankan adalah cek dan download sertifikat vaksin .

Dengan perubahan ini, masyarakat perlu memperbarui riwayat vaksinasi. Berikut panduan cara download sertifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat.

1. Buka toko aplikasi di smartphone Anda dan cari aplikasi SatuSehat di kolom pencarian. Pastikan Anda mengunduh dari toko aplikasi resmi yang terinstal di smartphone seperti Google Play Store atau App Store.

2. Pilih masuk ke aplikasi. Anda dapat menggunakan nomor telepon atau email.

3. Anda akan menerima 6 digit kode OTP. Jika menggunakan nomor telepon, kode tersebut akan dikirim via chat WhatsApp oleh akun resmi Kemenkes RI bertanda centang hijau.

4. Masukkan kode OTP dan klik setuju pada Syarat dan Ketentuan.

5. Di halaman utama SatuSehat , klik fitur Vaksin dan Imunisasi.

6. Pilih menu Riwayat dan Sertifikat Vaksin.

7. Akan muncul nama Anda dan opsi untuk menambah pengguna lain. Pilih data sertifikat vaksin yang sesuai dengan data Anda.

8. Selanjutnya akan muncul beberapa sertifikat vaksin mulai dari dosis 1, dosis 2, dan booster (dosis 3 dan 4). Klik pada sertifikat yang Anda ingin download.

9. Sertifikat vaksin yang Anda klik akan muncul pada layar dan muncul opsi Unduh Sertifikat.

10. Klik pada Unduh Sertifikat dan cek folder penyimpanan/download di smartphone Anda.

11. Sertifikat vaksin siap digunakan.

Selain download sertifikat vaksin , di aplikasi SatuSehat juga tersedia opsi mengubah format sertifikat untuk perjalanan luar negeri. Sertifikat vaksin untuk perjalanan internasional tersedia dalam format WHO dan Uni Eropa (EU). Anda dapat memilih format yang sesuai berdasarkan negara tujuan.***

error: Content is protected !!